Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Chevrolet Siap Rilis Spark 2014 Versi Elektrik

Selasa, 27 November 2012 | 07:06 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption
 
Amerika – Kebutuhan akan mobil yang ramah lingkungan yang makin besar di masa depan turut menjadi perhatian para produsen otomotif global. Dan kali ini pabrikan mobil asal Amerika, General Motors (GM) sedang bersiap untuk memproduksi Chevrolet Spark 2014 yang menggunakan penggerak listrik.

Rencananya, versi elektrik dari mobil kompak ini akan muncul perdana pada event otomotif akbar LA Show 2012 di Los Angeles akhir bulan ini.

Di sektor sumber tenaga, Spark EV 2014 akan dibekali motor listrik dengan sistem magnetic dan oil cooler yang mampu memuntahkan daya 134 dk dan torsi hingga 542 Nm. Tenaga lumayan besar yang dihasilkan oleh baterai lithium-ion kapasitas 20 kW ini menjadikan citycar Chevy ini menang telak dibandingkan electric vehicle lainnya yang rata-rata masih berdaya di bawah 100 dk, seperti Smart EV dan Mitsubishi i-MiEV.

Dengan performa mumpuni yang dihasilkannya ini diklaim Spark 2014 mampu berakselerasi dari keadaan diam hingga 96 km/jam hanya di bawah delapan detik.

“Ketika tim kami mengembangkan sistem penggerak untuk Spark EV, kami menyadari harus dapat menyajikan akselerasi yang asyik untuk dikemudikan, tentu dengan tingkat efisiensi yang maksimal,” ucap Chuck Russell, chief engineer Spark EV.


Oh ya, untuk mengisi ulang baterai tidak pakai kata lama lagi. Dengan SAE combo charger, pengemudi dapat mengecas daya hingga 80 persen hanya dalam waktu 20 menit saja. Sedangkan pengisian hingga full membutuhkan waktu kurang dari tujuh jam dengan menggunakan charger 240 Volt yang juga dapat dimonitor pengemudi melalui aplikasi smart phone persembahan OnStar.

 “Baterai Spark EV telah melalui lebih dari 200 ribu jam pengujian di laboratorium,” jelas Larry Nitz, Direktur Eksekutif tim Pengembang Elektrifikasi global GM.

Larry menambahkan uji coba jangka panjang dilakukan untuk menjamin pengendara aman mengisi daya berulang kali setiap hari. GM juga menyediakan garansi perlindungan baterai delapan tahun atau 160 km, tergantung kebutuhan.

Tampaknya Chevy Spark 2014 EV baru diproduksi secara massal hanya untuk pasar Amerika saja. Produksi Spark 2014 yang dimulai awal tahun depan menyasar California sebagai daerah pertama untuk dipasarkan. (mobil.otomotifnet.com)



Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa