Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ford Tak Takut Mesin EcoBoost 1.0 Liter Disaingi LCGC

Senin, 26 November 2012 | 12:02 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Teknologi EcoBoost yang siap menjadi andalan Ford nantinya dikenal sebagai mesin bervolume kecil namun bertenaga besar. Sebagai perbandingan, tenaga Ford Fiesta 1.0 liter EcoBoost setara dengan mesin versi 1.6 liter nya.

Sayangnya bagi masyarakat Indonesia,  perbandingan kapasitas mesin kecil yang bertenaga besar masih belum dikenal dengan baik. Belum lagi, kapasitas mesin 1.0 liter yang dianggap setara dengan mobil murah (LCGC) seperti Agya dan Ayla. Lalu bagaimanakah tanggapan Ford Motor Indonesia?

"Kami yakin mesin 1.0 liter EcoBoost akan diterima dan tidak disamakan dengan mesin LCGC. Karena berbeda dari sisi tenaga dan teknologi," papar Bagus Susanto, Managing Director PT FMI.

Menurutnya, jika memilih mobil bermesin EcoBoost berarti konsumen mencari kendaraan yang memenuhi keinginannya, bukan kapasitas mesinnya.

"Jadi Ford tidak mempermasalahkan volume mesinnya. Yang paling penting, bagi Ford dalam mengaplikasi EcoBoost yakni dapat menangkap kebutuhan konsumen akan mesin irit tapi tetap bertenaga. Selain itu kami yakin kedepan, concern konsumen terhadap teknologi yang memudahkan pekerjaan akan lebih tinggi," urai Bagus.

Selain itu, Bagus menambahkan jika EcoBoost juga tak melulu bicara tentang mesin berkapasitas kecil. Karena rentang volumenya cukup banyak. “Yakni tersedia mulai dari kapasitas 1.0-3.5 liter. Bahkan mobil sekelas Ford Mustang juga mengandalkan mesin EcoBoost 2.0 liter,” katanya.

Seperti diketahui, teknologi EcoBoost sendiri menjadi sistem anyar yang bakal diusung oleh beragam produk global Ford. Setelah muncul pada varian SUV EcoSport, mesin versi 1.0 liter EcoBoost yang bertenaga sekitar 100-125 ps akan diusung oleh hatchback global Fiesta. (mobil.otomotifnet.com)


Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa