Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Waduh, Gara-gara Masalah Airbag, 73.000 KIA Rio Ditarik!

Iday - Rabu, 6 Juni 2012 | 10:02 WIB

Otomotifnet.com – Kabar mengejutkan hadir bagi para pengguna mobil kompak KIA Rio di Amerika. Pasalnya, sebanyak 73.000 unit Rio terpaksa dipanggil kembali, alias recall karena masalah pada sistem airbagnya.

Model yang terkena dampak recall sendiri adalah varian lama buatan 2006-2008, atau yang lebih dikenal dengan nama Kia Pride di Indonesia.

Dalam pengumumannya, Kia menyatakan kerusakan airbag tersebut terdapat pada bagian penumpang depan yang tiba-tiba bisa mengembang ketika ada anak kecil yang duduk di bangku depan.

Pabrikan asal Korea Selatan ini juga menampilkan pengumuman recallnya di situs badan keselamatan Amerika, National Highway Traffic Safety Administration.

Penyebab malfungsi tersebut disampaikan Kia diakibatkan oleh kesalahan sensor yang terdapat di karpet bagian penumpang depan. Dimana sensor tersebut hanya bisa mendeteksi penumpang orang dewasa. Dan tidak dapat mendeteksi saat anak kecil duduk di jok tersebut.

Seiring waktu, dengan penyetelan bangku yang dilakukan berulang kali, sensor akan membaca sebagai sebuah kecelakaan yang memungkinkan kantong udara untuk mengembang dan kemungkinan dapat melukai si anak.

Sampai saat ini, belum ada kejadian yang fatal akibat kerusakan airbag tersebut. Namun Kia akan mengganti komponen semua mobil yang bermasalah secara gratis mulai bulan Juli nanti. (mobil.otomotifnet.com)


Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa