Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yamaha Siapkan Paket Murah Service Injeksi Vixion

Editor - Senin, 16 Agustus 2010 | 12:59 WIB
No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET – Kini pabrikan sepeda motor Yamaha menyediakan paket service perangkat injeksi bahan bakar. Pastinya paket pelayanan ini ditujukan untuk varian Yamaha Vixion yang sejak tahun 2007 sudah mengaplikasikan teknologi injeksi sebagai pengganti karburator.

Sebenarnya injeksi jauh lebih minim perawatan, tidak seperti karburator yang harus rutin disetting ulang dan rutin dibersihkan agar performannya selalu baik.

Pada injeksi debit bahan bakar sudah diatur perangkat elektronik di ECU (Electronic Control Unit). Dan pintarnya lagi, semua kerusakan bisa langsung dideteksi lewat indikator di panel speedometer.

Meski begitu bukan berarti injeksi benar-benar tidak butuh perawatan. Sesuai fungsinya yang mengalirkan dan mencampur bahan bakar dan udara, kinerjanya sangat dipengaruhi oleh kualitas udara dan bahan bakar itu sendiri.

Udara yang kotor atau akibat dari membuka saringan udara bisa mengakibatkan penumpukan kotoran di skep throttle body. Begitu juga dengan kualitas bahan bakar yang buruk juga bisa menyumbat lubang di injector. Yang pasti performa akan menurun bila tak segera di bersihkan.

Sayangnya injector cleaner machine seperti yang digunakan pada mobil masih mahal harganya. “Solusinya kita buat paket mudah dan murah membersihkan perangkat injeksi,” buka Muhamad Abidin, Manager Technical Department Service Division, PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI).

Yamaha bekerja sama dengan salah satu merek cairan pembersih injector. “Kita sudah melakukan riset dan produk ini yang paling aman untuk sensor-sensor dan komponen yang terbuat dari karet di dalam perangkat injeksi Yamaha Vixion,” lanjut pria yang akrab disapa Abidin ini.

Dengan produk dari 3M ini, Yamaha konsen pada membersihkan throttle body dan injector. Biaya yang harus dibebankan pun cukup murah, hanya berkisar di angka Rp 50 ribuan. “Kita anjurkan setiap 10 ribu kilometer dilakukan pembersihan carbon pada perangkat injeksi ini,” saran Abidin.

Sayangnya belum semua jaringan bengkel resmi Yamaha bisa melakukan service ini, Yamaha sedang mulai mewajibkan semua jaringan bengkelnya agar bisa melayani service ini. “Sudah mulai secara bertahap. Khususnya area yang populasi Vixion nya cukup dominan seperti Jakarta dan Medan,” jelas Paulus Sugih Firmanto, GM Promotion and Motorsport YMKI.

Jangan kelamaan ya pak!

Penulis/Foto:Popo/Dok OTO

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa