Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Beda Honda PCX Indonesia Vs Thailand

Editor - Kamis, 17 Juni 2010 | 10:42 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET – Honda PCX didatangkan secara untuh dari Thailand dalam bentuk CBU. Spesifikasinya diklaim sama persis dengan versi Gajah Putih, meski begitu bukan berarti tidak ada perubahan. Ada sedikit pembeda dengan versi Thailand, apa saja ya? Tanya langsung saja pada ahlinya.

“Yang paling mudah dilihat adalah, versi Thailand tidak dilengkapi saklar head lamp. Sedang versi Indonesia ada saklar head lamp-nya,” buka Sarwono Edi, Technical Service Training Manager Technical Service Division, PT Astra Honda Motor (AHM).

Di Thailand ada peraturan yang mengharuskan pabrikan sepeda motor membuat head lamp selalu menyala. “Sedang di Indonesia, undang-undang tentang menyalakan lampu lebih diperuntukkan untuk pengendara, bukan pabrikan. Maka dari itu kita tetap memasang saklar lampu,” jelas Julius Aslan, Marketing Director, PT AHM.

Perbedaan berikutnya adalah di seputar mesin. “Ada perbedaan di settingan Electronik Control Management (ECM). Sedikit beda di sistem pengapiannya,” aku Edi yang tetap langsing ini.

Perbedaan lain ada pada konsumsi bahan bakar, meski memiliki ratio kompresi yang sama tingginya dengan versi Thailand yaitu 11:1. PCX versi Indonesia tetap diperbolehkan meminum premium. Padahal versi Thailand diharuskan menggunakan bahan bakar dengan oktan diatas 92 atau sekelas Pertamax.


Perbedaan ada pada saklar lampu dan settingan ECM

Enggak jauh beda kan spesifikasinya? “Spesifikasi ini juga tidak jauh beda dengan Honda PCX yang dijual di Jepang maupun di Eropa. Karena pada dasarnya skutik premium ini adalah produk yang didesain untuk pasar global,” tutup Edi.  


Penulis/Foto:Popo

 

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa