Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yamaha Xeon : Handling Mantap, Manuver Tetap Lincah

Editor - Minggu, 30 Mei 2010 | 08:16 WIB
Yamaha Xeon : Handling Mantap, Manuver Tetap Lincah
Yamaha Xeon : Handling Mantap, Manuver Tetap Lincah

OTOMOTIFNET - Setelah sebelumnya sedikit mengulas tentang riding position Yamaha Xeon, kini saatnya mengkritisi handling skutik tercanggih yang diluncurkan PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) akhir bulan lalu itu.

Karena dimensi antara yamaha xeon dan pendahulunya hampir sama besarnya, OTOMOTIFNET.com sempat menebak kalau Xeon juga akan selincah Mio Sporty dan Mio Soul. Dan ternyata memang enggak salah. Meski akselerasi di putaran bawah sangat agresif, Yamaha Xeon tetap lincah dan mudah dikendalikan.

Ada beberapa tikungan panjang dan tikungan patah di kawasan nusa dua yang bisa ditaklukan dengan mudah. Pengendalian tetap mudah saat menikung dikecepatan 60km/jam. Xeon  tetap tenang tanpa ada gejala mengayun dan sesekali melakukan manuver untuk menghindari lubang pun tetap mudah dilakukan.

Memang belum mencobanya dikecepatan yang lebih tinggi karena harus berjalan beriringan dengan kawalan Patwal dari pihak kepolisian. Namun pastinya akan dikupas tuntas dalam sesi test ride ala OTOMOTIFNET.com,  tunggu saja ulasannya!

Kelincahan Yamaha Xeon makin terasa ketika harus membelah kemacetan di sekitar ring road Bandara Ngurah Rai. Dengan mudah selap selip dan pindah jalur. Pastinya  tak perlu khawatir pantat Yamaha Xeon nyangkut di jajaran mobil yang memenuhi jalan menuju bandara ini.

Memang karakternya sporty dan handlingnya mantap di jalanan rata. Sayang, suspensinya terasa keras saat melintasi jalanan berlubang. Untung joknya yang ekstra empuk sedikit mengurangi getaran.

Selain suspensinya  berkarakter sport, bisa jadi salah satu penyebabnya adalah ukuran ban yang dipakai pada Yamaha Xeon terlalu kecil. Memakai pelek dengan ukuran yang sama dengan Mio Sporty dan Mio Soul, Xeon hanya memiliki perbedaan di ban belakang yang memakai ukuran 90/90. Sedang depan sama-sama menggunakan ban berukuran 70/90.

Seandainya pakai ukuran yang sedikit lebih besar pasti akan lebih nyaman, toh mesinnya sudah 125cc. Rasanya masih tetap responsif!

Penulis/Foto : Popo

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa