Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda VFR800RR Berbahan Bakar Ethanol Jadi Juara Endurance Race

Editor - Selasa, 13 April 2010 | 16:04 WIB
No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Kesal akan pihak pabrikan motor yang lambat merespon isu lingkungan hidup. Terutama ketergantungan akan bahan bakar minyak (BBM) fosil yang jumlahnya akan terus menipis. Membuat para jurnalis majalah di Belgia mengembangkan motor Honda VFR800RR yang ramah lingkungan.

Proyek yang dijuluki Bioblade ini dilakukan agar motor Honda VFR800RR dapat meminum jenis BBM non fosil seperti jenis ethanol 85. BBM ini merupakan BBM campuran dari 85 persen ethanol, yang diolah dari tanaman dan dicampur dengan 15 persen bensin dari bahan bakar fosil. BBM ini lebih murah 50 persen dibanding bensin dan diproyeksikan sebagai pengganti bensin ditahun 2030.

Uniknya, Bioblade menggunakan sebagian besar komponen standar dari Honda VFR800RR. Tapi tentunya tetap membutuhkan penyesuaian pada mesin seperti penyetelan ulang program injeksi agar membuatnya aman menggunakan BBM jenis ethanol 85.

Hebatnya dari info yang dirilis Motorcycle USA, Bioblade ini memiliki tenaga yang lumayan besar dikelasnya. Yakni, sebesar 125 dk pada 10.000 rpm dan torsinya sebesar 69 lb-ft pada 8.250 rpm. Dan proyek yang dikerjakan selama 18 bulan ini juga mampu meraih posisi kedua dalam balap endurance tiga jam di Belgia.

Untuk urusan tampilan Honda VFR800RR buatan tahun 1999 ini dimodifikasi dengan kaki-kaki depan dan knalpot undertail milik Honda FireBlade 2005. Bioblade juga menggunakan body parts milik Honda SP1 dan Bimota DB7 yang dilapisi warna putih bercorak merah hitam.  

Tapi bila me-review perjalan teknologi di Indonesia, konversi bahan bakar seperti ini sudah banyak juga dilakukan. Justru paling banyak ditemui ketika dijadikan penelitian oleh para mahasiswa di berbagai perguruan tinggi. Artinya, orang Indonesia juga bisa bikin!

Penulis/foto: Ilham/Motorcycle USA
 

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa