Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bebek Matik, Segmen Baru Di Antara Pasar Bebek Dan Skutik

Editor - Senin, 22 Februari 2010 | 09:23 WIB
No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET – PT Astra Honda Motor (AHM) terlihat begitu agresif meluncurkan bebek matik di Indonesia. Tak perlu menunggu lama, setelah peluncuran perdananya di Thailand (18/2), PT AHM memastikan bebek matik yang basic-nya dari Honda Revo 110 ini akan meluncur sebelum akhir tahun 2010.

“Yang pasti potensinya besar. Bebek matik ini akan menjawab kebutuhan mereka yang masih menyukai desain bebek karena lebih gagah dan lebih fungsional dengan lingkar roda lebih besar tapi menginginkan kenyamanan dan kemudahan pengoperasian yang sama dengan skutik,” buka Julius Aslan, Marketing Director PT Astra Honda Motor (AHM).

Apalagi di beberapa daerah di Indonesia, desain bebek masih cukup digemari. Oleh karena itu potensi yang besar ini juga berpotensi menyebabkan beralihnya konsumen skutik dan bebek ke bebek matik. Apakah ini nantinya akan menggerogoti pasar bebek yang sampai saat ini masih mendominasi dan juga pasar skutik yang sedang terus tumbuh.

“Tidak semata-mata mengurangi market share bebek dan skutik, tapi konsumen baru disini juga akan tumbuh. Bebek matik akan menjadi segmen pasar baru yang tumbuh bersama skutik dan bebek,” lanjut Julius yang tidak memungkiri bila nantinya pasar bebek manual akan terkoreksi dengan sendirinya dengan kehadiran bebek matik ini.

“Tapi butuh beberapa tahun lagi sampai bebek matik benar-benar mendominasi penjualan bebek secara keseluruhan, pasti butuh waktu,” prediksinya. Pria ramah ini juga memprediksi nantinya bebek matik akan lebih digemari oleh konsumen pria. Sedang skutik akan kembali ke konsep awalnya yang diperuntukan untuk wanita.

“Pria tetap banyak yang memilih skutik tapi mungkin presentase hanya 40 persen sedang 60 persennya adalah wanita. Sedang bebek matik akan terbalik 60 persen pria dan sisanya wanita,” ungkapnya.

Di Thailand bebek matik Honda yang pertama, Honda Wave110i AT dengan pelek jari-jari dijual dengan harga 44,900 bath atau sekitar Rp 12,56 juta. Sesuai dengan embel-embel “i” di belakang namanya, bebek matik ini sudah dilengkapi dengan teknologi pengabutan bahan bakar injeksi PGMF-I.

Bebek matik ini menggunakan basic mesin dari Honda Wave 110 atau di Indonesia disebut dengan nama Honda Revo 110. Setelah Thailand, PT AHM selaku ATPM Honda di Indonesia akan meluncurkan bebek matik yang sama di tanah air di pertengahan tahun 2010 ini.

Penulis/Foto: Popo/Honda

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa