Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Fitur Baru Andalan New Jupiter Z, Layak Dibanderol Rp 14,5 Juta?

Editor - Selasa, 1 Desember 2009 | 08:47 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Lampu didesain futuristik

OTOMOTIFNET – Dalam presentasi produk New Jupiter Z pada sesi launching siang tadi (30/11), dikatakan bahwa positioning bebek baru Yamaha sedikit bergeser ke arah bebek premium. Konsep premium ini didapat dari performa yang mumpuni dan karakternya yang easy riding seperti varian sebelumnya yang didukung dengan innovation khususnya pada fitur dan desain.

Nah, khusus pada fitur dan desain, kita lihat apa saja yang membuat Yamaha begitu percaya diri memberi banderol Rp 14,5 juta? Di mulai dari desain, bicara desain secara garis body sebenarnya tidak ada yang berubah. Masih tersirat desain Jupiter yang sejak 2001 lalu diluncurkan di Indonesia.

Perbedaan mencolok ada pada dua head lamp di stang, sein dan lampu senja yang kini dipisahkan di dada. Serta rear lamp yang terlihat begitu besar dengan banyak lampu. Mari dihitung, totalnya ada dua bohlam di di head lamp, dua lagi sein dan dua sebagai lampu senja. Dan di rear lamp ada dua bohlam jadi sein dan dua lagi sebagai stop lamp dan rear lamp. Totalnya ada 10 bohlam.

Body belakang tak jauh berbeda dengan Jupiter sebelumnya. Tapi bila melihat desain sayap rasanya tak jauh beda dengan Vega ZR, bentuknya lebar menyamping. Area paling futuristik justru bisa ditemui di speedometer dan ornament di sekitarnya. Yamaha menyebut desain speedometer ini dengan eye catching illumination meter.

“Saat lampu tidak menyala bentuknya terlihat futuristik, tapi ketika malam hari dan lampu menyala terlihat illumination layaknya mobil-mobil mewah terkini,” beber Mohammad Masykur, Manager Model Planning Development R&D Division, PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI).


Panel berkesan canggih dan kunci magnetnya bisa untuk buka jok

Lalu fitur lain yang diunggulkan adalah box dengan penutup, meski bukan barang baru karena sudah banyak yang menggunakan fitur ini namun Yamaha mengakui penambahan ini dilakukan untuk menguatkan kesan premium. Fitur lainnya adalah anti theft key shutter atau lebih dikenal sebagai kunci kontak bermagnet.

Uniknya bukan hanya memiliki penutup rumah kunci yang hanya bisa dibuka dengan magnet yang terdapat di anak kunci, tapi anti theft key shutter ini bisa difungsikan untuk membuka kunci jok. Jadi pengendara tak perlu repot-repot memindah anak kunci untuk membuka jok, tinggal putar dari rumah kunci di bawah stang. Yang ini mengingatkan pada Yamaha Nouvo yang juga mengaplikasi fitur serupa.

Gimana, tertarik dengan fitur-fitur barunya? Dengan fitur baru ini New Jupiter Z dijual Rp 14, 5 juta tipe casting wheel (pelek racing) dan Rp 13,8 juta untuk tipe spoke wheel. Hemm....???

Penulis : Popo/AZ
Foto: Popo

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa