Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Motor Sport Honda Layak Masuk Indonesia

Editor - Rabu, 14 Oktober 2009 | 08:01 WIB
No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - “Sampai akhir tahun ini kita memang belum ada rencana untuk meluncurkan model sport baru, mungkin di tahun depan,” buka Sigit Kumala, General Manager Marketing PT Astra Honda Motor (AHM) ketika dimintai keterangan soal motor sport baru Honda. Meski begitu boleh lah kita tetap berharap model apa yang akan dibawa AHM ke Indonesia.

Apalagi menurut sumber terpercaya dari AHM memang ada beberapa model yang sedang dipelajari sebelum dipasarkan di Indonesia. “Ada beberapa model yang sedang dipilih, tapi masih rahasia,” ungkap sumber OTOMOTIFNET.com yang enggan disebutkan namanya ini.

Nah, dari sekian banyak negara yang memproduksi motor sport Honda setidaknya ada beberapa modelnya layak untuk masuk ke tanah air, siapa tahu beberapa model ini juga termasuk dalam pilihan pihak AHM. Kalau gitu, mari bergaya ala bos-bos AHM memilih motor sport untuk pasar Indonesia.

No caption
No credit
No caption

Honda Stunner (kiri), terlihat lebih sporty ketimbang Unicorn

Honda Stunner CBF PGMF-i

Motor sport asal India ini punya desain body yang cukup unik. Meski hanya mengusung mesin 125cc namun bentuk fairing setengah telanjang yang terinspirasi Honda CBR1000RR Fire Blade ini cukup terlihat sporty. Tak heran bila pada balap antarnegara, Asia Nation Championship 2009 beberapa waktu yang lalu di India, motor inilah yang dipakai turun oleh belasan pembalap se-Asia termasuk pembalap dari Indonesia.

Namun sayangnya sokbreker belakang masih stereo, seandainya tampil dengan suspensi belakang tunggal dan air scoop pasti akan terlihat lebih berisi. Sedang urusan mesin alangkah indahnya bila mengusung mesin diatas 150cc, boleh pakai mesin Tiger atau sekalian pakai mesin CBR 150. Ramping sekaligus sporty!

Honda Unicorn

Masih dari tanah Bollywood, India. Honda Unicorn juga layak jadi kandidat dipasarkan di Indonesia meski secara desain tak jauh berbeda dengan Honda Megapro. Perbedaan dengan Megapro terlihat di konstruksi suspensi belakang monoshok dan cover head lamp besar layaknya motor sport India, TVS Apache dan Bajaj Pulsar.

Mesin yang dipakai punya tak jauh berbeda dengan Megapro, Unicorn memakai mesin 150cc, beda tipis dengan Megapro yang mengusung mesin 160cc. Kalau yang ini cocoknya jadi varian face lift dari Megapro, setuju ga?



Keduanya menawarkan performa sekaligus desain yang menarik

Honda CBR 150

Namanya tak asing lagi dikalangan biker tanah air, meski hanya bisa dibeli lewat importir umum. Mesin 150cc DOHC 4 valve cukup tenar sebagai mesin yang bertenaga. Selain itu CBR 150 yang Tailand ini digosipkan bakal dirakit di dalam negeri. Yang pasti bila gosip itu benar terjadi tentu harganya akan jauh lebih murah. Kini dipasaran importir umum harganya lebih dari Rp 35 jutaan. Taruhlah bila dilepas Rp 25 jutaan di Indonesia pasti laris manis meski jumlah penjualannya tetap tak akan setinggi Megapro.

Honda Nova CB300R

Model yang dijual di Brazil ini paling ideal sebagai pengganti Honda Tiger. Bodynya yang cruiser sejati terlihat gagah dengan kaki-kaki besar, monosok dan suspensi depan besar. Detail head lamp, tangki, hingga knalpotnya pun terlihat unik dan futuristic namun tetap elegan.

Bagaimana dengan mesinnya? Setidaknya satu tinggkat di atas CBR 150. DOHC 291,6cc 4 klep, injeksi PGMF-i. Diklaim mampu memuntahkan tenaga 26 dk pada kondisi standar. Bisa ga ya spek ini dijual dengan harga dibawah Rp 25 jutaan?

Desain Yang Benar-Benar Baru

Satu lagi kemungkinan adalah desain baru dengan mengembangkan model yang sudah ada. AHM punya sejarah mengembangkan sendiri desain Honda Revo dan Honda CS-1 khusus untuk pasar Indonesia. Apalagi saat ditanya tentang motor sport seperti apa yang cocok untuk masyarakat, Sigit Kumala menjelaskan bahwa kapasitas antara 150cc hingga 200cc masih yang terbaik. Tentunya dengan pertimbangan harga dan kemampuan motor tersebut.

So, pilih yang mana? Atau ada pilihan lainnya?

Penulis/Foto: Popo/Dok.Honda
 

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa