Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yamaha Promosikan Angklung Pada Dunia

Editor - Senin, 12 Oktober 2009 | 07:14 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Semua rombongan termasuk Putri Indonesia 2009 dan Miss Universe 2009 pun larut dalam permainan angklung yang sangat eksotis

OTOMOTIFNET - Setelah menggelar acara penandatanganan kerjasama untuk mengkampanyekan safety riding oleh Putri Indonesia 2009 dan Miss Universe 2009, PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) kemudian mengajak dua putri cantik tersebut untuk melihat keaslian budaya angklung di Saung Angklung Udjo. Saung Angklung Udjo ini merupakan salah satu bengkel seni angklung tertua di kota Bandung.

Adapun maksud YMKI mengajak dua putri cantik ini ke bengkel seni angklung, adalah untuk mempromosikan seni dan kebudayaan di Indonesia secara mendalam. Apalagi mereka memang diajak langsung ke bengkel seni yang juga di sana memproduksi angklung dan berbagai macam kebudayaan lainnya seperti wayang golek dan kuda lumping.

No caption
No credit
No caption

Berpose bersama usai menyerahkan cinderamata berupa angklung mini kepada tiga putri yang hadir di sana

“Angklung adalah salah satu alat musik tradisional yang dimiliki oleh negara kita. Dan adalah hal yang sangat kita inginkan bersama jika angklung ini bisa lebih dikenal di pentas dunia sebagai alat musik dari Indonesia. Dan kami pun mempunyai kebanggaan untuk itu, apalagi Putri Indonesia 2009 (Qori Sandrioriva) dan Miss Universe 2009 (Stefania Fernandez) pun terlihat antusias untuk melihat bagaimana sensasi permainan alat musik itu,” jelas Bambang Asmarabudi selaku GM Marketing YMKI.

Setibanya di Saung Angklung Udjo, sambutan tarian kuda lumping yang dibawakan oleh anak-anak usia belia, membuat kedua putri tersebut tersenyum riang dan tampak sangat senang melihat mereka.

“Sebelumnya saya tidak pernah melihat alat musik seperti ini, dan tentunya saya sangat penasaran. Karena di negara saya sangat berbeda dengan negara Indonesia. Kami juga memiliki alat musik tradisional, baju tradisional hingga budaya tradisional. Tapi saya rasa Indonesia juga memiliki keragaman budaya yang tidak kalah menarik,” tukas Stefania dengan wajah berseri-seri.


Tarian kuda lumping yang dipersembahkan oleh murid-murid bengkel seni Udjo (kiri), Miss Universe dan Putri Indonesia larut dalam tarian jaipong yang juga menjadi sajian utama.

Benar saja, ketika disuguhi permainan angklung dari anak-anak kecil, mereka langsung terpana, betapa budaya tradisional Indonesia yang satu ini menjadi sebuah eksotisme tersendiri di Indonesia. Bahkan pihak bengkel seni ini mengajak semua orang yang hadir di sana untuk berpartisipasi dalam acara permainan angklung. Dimana masing-masing orang memegang satu angklung dengan satu nada.

“Setelah pengakuan baju batik di tingkat dunia oleh UNESCO, saya rasa kita juga patut memperjuangkan angklung agar diakui sebagai salah satu alat musik tradisional yang berasal dari Indonesia. Soalnya kita tentu tidak mau jika angklung kembali diakui oleh negara lain sebagai alat musik dari negaranya,” tegas Qori yang masih sulit menghilangkan keriangannya setelah terpilih menjadi Putri Indonesia beberapa waktu lalu.

Selain permainan angklung, Putri Indonesia dan Miss Universe serta para undangan yang hadir di sana, juga disuguhi dengan permainan Wayang Golek oleh Dalang dan kuda lumping. Acara kemudian dilanjutkan dengan acara makan siang bersama dan langsung kembali ke Jakarta, untuk jamuan gala dinner bersama 300 konsumen Yamaha Mio yang beruntung.

Penulis/Foto : Uda

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa