Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sport Bike Penjelajah

Editor - Jumat, 9 Oktober 2009 | 07:11 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Akhirnya di Torrance, California, Honda membuka selubung Honda VFR1200F versi 2010. Sebuah pengembangan dari generasi V4 khas Honda yang di tahun 2010 akan hadir dalam konsep sport bike yang dilengkapi dengan kemampuan jelajah jarak jauh.

Untuk mewujudkan dua konsep ini menjadi satu tentunya dibutuhkan perpaduan antara performa yang ganas layaknya motor sport dengan kemudahan handling dan ergonomi yang nyaman agar tak cepat pegal saat berkendara jarak jauh.

Mesin V4 kali ini dibuat dengan konfigurasi layout silinder yang berbeda. Dua silinder belakang berada di dalam crankshaft dan dua silinder depan diletakan di sisi luar (depan-belakang-belakang-depan). Pemilihan konfigurasi ini bertujuan untuk menghilangkan balancer di crank as (kruk as) mesin V4 sebelumnya (depan-belakang-depan-belakang). Kini dua silinder terluar menggantikan fungsi balancer sehingga mesin tetap minim getaran.

Selain itu konfigurasi layout ini juga bertujuan untuk mengurangi lebarnya mesin, sehingga tidak menggangu posisi kaki pengendara. Pada akhirnya bisa diperoleh desain jok yang lebih rendah yang membuat kaki nyaman karena tidak perlu membuka kaki lebar-lebar untuk duduk sempurna. Dari sini saja sudah bisa dilihat usaha Honda untuk tidak memikirkan performa semata tapi juga masalah ergonomi.

No caption
No credit
No caption

Tapi tentunya langkah tadi bukan berarti mengorbankan performa. Honda tetap hadir dengan teknologi canggih. Mesin V dengan konfigurasi 76 derajat yang dipakai dilengkapi liquid-cooled dan memiliki volume silinder bersih sebesar 1.237cc dengan karakter over bore 81mm x 60mm (lebih lebar diameter piston dari pada langkah/stroke). Mesin dengan konfigurasi seperti ini umumnya memiliki keunggulan kuat di geber dalam putaran tinggi dan memiliki power sangat baik.

Traffic keluar masuknya bahan bakar diatur dengan single overhead camshaft “UNICAM” dengan empat klep tiap silindernya. Sistem UNICAM memiliki satu overhead camshaft. Pada inlet, klep digerakkan langsung oleh camshaft, sedangkan klep buang dioperasikan lewat rocker arm. Selain itu crankshaft Honda memiliki crank pin (pin kruk as) dengan offset 28 derajat untuk mengurangi getaran. Sehingga tak lagi membutuhkan counterbalance.

Sedang untuk mengatur buka tutup bahan bakar ke mesin di gunakan sistem throttle by wire" yang dikawinkan dengan empat buat throttle body, 44mm yang tiap injector nya memiliki 12-lubang penyemprotan bahan bakar. Dan untuk knalpot dipilih desain asimetris yang dapat performa serta memberikan suara V4 yang khas.

Dual Clutch

Masih ingat ketika OTOMOTIFNET.com beberapa waktu lalu menulis sistem transmisi dual clutch (dua kopling sekaligus dalam satu gearbox) buatan Honda yang merupakan dual clutch pertama untuk sepeda motor? Nah implementasi dari teknologi tersebut bisa dinikmati untuk pertama kalinya di Honda VRF1200F ini.

Teknologi kopling ganda ini akan ditempatkan di mesin dengan tidak banyak perubahan dan tetap berdimensi kompak. Nantinya transimisi jenis ini akan memiliki konfigurasi kopling independen pada beberapa giginya. Satu kopling akan menangani gigi ganjil (gigi 1,3 dan 5) sedangkan kopling satunya akan bekerja di gigi genap (gigi 2,4 dan 6).

Teknologi ini akan menangani perpindahan gigi dengan lebih lembut dan lebih responsif. Dengan perpindahan gigi yang lebih cepat, maka tenaga mesin tidak akan terbuang percuma, bahan bakar yang tercapai juga lebih ekonomis.

Boks Tambahan Bagi Pecinta Turing

Sedang urusan desain dibuat senyaman mungkin untuk perjalanan jarak jauh. Posisi duduk yang rendah serta jarak kaki dan stang yang tidak terlalu jauh membuatnya diklaim cocok untuk pecinta turing. Bahkan Honda juga sudah menyiapkan optional berupa boks tambahan.

Body styling juga didesain dengan dua layer yang memastikan kondisi mesin tetap dingin sekaligus memberikan aerodinamika yang baik yang mendukung kemudahan handling. Sedang pemandangan dari kokpit Honda V4 juga terlihat sangat futuristik. Panel-panelnya membuat kita serasa berada di pesawat tempur.

Ngiler? Sayang belum diumumkan harganya. Yang pasti sudah bisa diperoleh saat musim semi 2010 di Amrika Serikat. Nabung dulu aja deh!

Spesifikasi :
Engine

Type: 1237cc liquid-cooled 76° V-4
Bore and Stroke: 81mm x 60mm
Compression ratio: 12.0:1
Valves: SOHC; four valves per cylinder
Induction: PGM-FI 44mm throttle bodies
Ignition: Digital electronic
Transmission: 6-speed (VFR1200F) / Six-speed automatic with two modes and manual mode (VFR1200F with Dual Clutch Automatic Transmission)
Final Drive: Shaft
Suspension

Front: 43mm; 4.7 inches travel
Rear: Pro Arm single-side swingarm with Pro-Link® single gas-charged shock; 5.1 inches travel
Brakes
Front: Dual 320mm discs, CBS 6-piston calipers with ABS
Rear: Single 276mm disc, CBS two-piston caliper with ABS
Tires
Front: 120/70 ZR17 radial
Rear: 190/55 ZR17 radial
Wheelbase: 60.8 inches (1545mm)
Rake: 25-deg
Trail: 101.0mm (4.0 inches)
Seat Height: 32.1 inches (815mm)
Fuel Capacity: 4.9 gallons
Color: Candy Red
Curb Weight: 591 lbs (VFR1200F) / 613 lbs (VFR1200F with Dual Clutch Automatic Transmission)

Penulis/Foto: Popo/Honda

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa