Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

80 Persen, FZ16 Tidak Akan Di jual

Editor - Rabu, 2 September 2009 | 08:17 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Gosip seputar motor sport baru yang akan diluncurkan PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) kian hari makin mengilap aja beritanya.

Bahkan foto spy shoot berbagai versi sudah banyak beredar di internet. Konon, motor tersebut memiliki banyak kemiripan dengan Yamaha FZ16 yang telah diluncurkan di India.

Namun ketika dikonfirmasi ke pihak YMKI, mereka justru belum yakin motor ini akan dijual di Indonesia secepatnya.

“Motor yang sedang dites bukan berarti pasti akan dijual. Untuk motor sport, kami masih fokus menjual V-Ixion dan Scorpio Z,” ujar Indra Dwi Sunda, promotion manager, PT YMKI, yang justru memprediksi 80 persen FZ16 tidak akan dijual di Indonesia. Widih, serius loh?

Tapi melihat gencarnya sesi test ride yang banyak ditemui di berbagai daerah, rasanya prediksi Indra akan berbalik arah. FZ16 tinggal menunggu gong untuk dijual ke pasaran Tanah Air.  Seperti dulu, saat pertama kali V-Ixion mulai terendus dan diperkenalkan ke publik.

Namun jika melihat spek mesin yang diusung FZ16 di India, YMKI perlu berhitung ulang. Maaf, boleh dibilang FZ16 hanya menjual tampang, doang. Tidak ada fitur serta teknologi yang bisa dijual sebagai bahan promosi. Fakta ini sangat bertentangan dengan produk YMKI sebelumnya yang telanjur memanjakan teknologi.

No caption
No credit
No caption

Contoh Jupiter MX135 dan V-Ixion. Ukuran motor bebek, MX135 mengusung fitur di atas rata-rata. Mesin tegak, 4 klep dan pendingin air. Sedangkan V-Ixion lebih heboh lagi karena sudah mengadopsi teknologi injeksi.

Mari simak spek FZ16 yang kembali ke teknologi motor masa lampau. Mesin 153 cc (makanya disebut FZ16 karena dianggap bulat 160 cc), 2 klep dan pendingin udara. Hanya mengandalkan panel indikator digital. Rasanya tidak jauh berbeda dengan spek TVS Apache RTR160 yang sama-sama keluaran India.

Malah,  kalau dibilang down spec dari V-Ixion pun rasanya tidak tepat. Mesin FZ16 lebih tepat disandingkan dengan mesin konvensional motor sport lain yang sudah duluan nongol di Tanah Air seperti Suzuki Thunder 125 atau Honda Mega Pro.

Masak YMKI mau mundur ke belakang, sih?

Penulis/Foto: Zoelis / Iday, Yamaha
 

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa