Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Final Kontes Mekanik Honda Jakarta-Tangerang

Editor - Rabu, 22 April 2009 | 20:40 WIB
No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Adu skill mekanik Honda se Indonesia mulai digelar. Ditandai dengan berlangsungnya penyisihan untuk wilayah Jakarta-Tangerang yang dilaksanakan di PT Wahana Makmur Sejati (WMS), main dealer Honda Jakarta-Tangerang (22/4). Pada final penyisihan ini akan diambil dua mekanik terbaik dari wilayah Jakarta-Tangerang untuk turun di Kontes Mekanik Honda 2009 tingkat nasional.
   
Dari 210 mekanik Honda yang telah memiliki sertifikasi minimal PMT2 diuji. Tes pertama, mereka harus melalui tes teori yang menyisakan 100 mekanik. “Lalu pengetesan tahap kedua dengan tes meja. Para mekanik ini diharuskan bongkar pasang komponen dalam waktu yang sangat cepat. Dari tes meja ini tesisa 25 mekanik,” buka Saptono, ketua panitia sekaligus trainer di WMS.
   
Dan 25 mekanik ini harus melalui uji praktik. Dimana para peserta diberi soal untuk mencari dan menyelesaikan masalah pada sebuah Honda Revo 110. Dari kondisi sepeda motor itu mati, para mekanik diharuskan menghidupkan kembali dalam waktu 30 menit. “Ada beberapa variable penilaian. Bukan hanya siapa yang paling cepat,” terang Sarwono Edi, Technical Training, Astra Honda Training Centre, PT Astra Honda Motor (AHM).
   
Salah satu yang memiliki point penilaian tinggi adalah analisa trouble shooting dari masalah yang ditemui pada sepeda motor tadi. Analisa trouble shooting ini meliputi masalah di rangka, kelistrikan dan mesin. “Semuanya harus dikerjakan sesuai urutan dan standar dari Honda,” lanjut Saptono. Selain itu K3 (Keselamatan & Kebersihan Kerja) juga memiliki penilaian penting.
   
“Bukan hanya cepat dan tepat tapi juga harus aman,” lanjut pria ramah ini sambil menjelaskan kalau trouble yang harus diselesaikan adalah trouble yang sering terjadi sehari-hari. Nantinya kedua wakil dari Jakarta-Tangerang ini akan bertanding pada Kontes Mekanik Honda tinggak Nasional yang akan berlangsung pada bulan Juli 2009 mendatang. Semoga sukses ya! 

Daftar Pemenang
1. M. Syarifudin (AHASS Cililitan Motor)
2. Yusuf Sulaeman (AHASS Adira Motor - Cikupa)
3. Irvansyah (AHASS Sumber Jaya - Jakarta Timur)
4. Wihendri (Astra Motor Jakarta)

Penulis/Foto:Popo

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa