Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Parkir Motor Jangan Asal Pegang

Editor - Selasa, 2 September 2008 | 09:19 WIB
No caption
No credit
No caption

Memarkir motor ada dua pilihan. Pakai standar samping atau tengah, masing-masing ada ketentuannya. Standar sisi dipakai saat motor diparkir tidak terlalu lama. Sedangkan standar tengah dimanfaatkan saat motor diparkir cukup lama. Pada 2 standar yang dipakai saat parkir, masing-masing punya treatment sendiri untuk melepas fungsinya.


Jangan asal pegang, treatmentnya sendiri-sendiri

Buat standar samping, cara ngelepasnya gunakan kaki kiri. Sementara itu, tangan kiri memegang setang kiri dan tangan kanan memegang bodi motor. “Biasakan melepas standar samping dulu sebelum motor dinaiki dan dihidupkan,” buka Siswanto, Instruktur Safety Riding PT Wahana Makmur Sejati (WMS), main dealer motor Honda.

Lalu saat akan parkir pakai standar tengah, posisi rider ada di sisi kiri. Kemudian kaki kiri menginjak tuas standar tengah, sedangkan tangan kiri pegang setang kiri dan tangan kanan menarik pegangan (behel) belakang. Pun begitu, saat turunin motor dari standar tengah. Langkah awal, kedua tangan memegang hand grip (kiri-kanan) dan siap-siap menekan rem. Posisi rider di samping kiri besutan, dengan kaki kiri agak di depan (posisi kuda-kuda).

“Badan agak menunduk, biar lebih fleksibel mengikuti gerak motor saat turun,” tambahnya. Kemudian setang agak diangkat sedikit biar posisi motor agak mengangkat, yang dilanjutkan mendorong besutan ke depan. “Agar lebih enteng buat melepas standar tengah,” anjurnya lagi.

Tapi banyak juga rider menurunkan besutan dari standar tengah dengan tangan kiri memegang hand grip kiri. Sedang tangan kanan memegang behel belakang sambil didorong. “Ini sangat berbahaya. Karena saat motor didorong ke depan, tak ada yang ngerem (bebek atau sport). Dikhawatirkan besutan nyelonong dan nabrak,” tutup Siswanto.

Penulis/foto:Banar/Johan

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa