Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Nissan Evalia Gunakan 75 Persen Komponen Lokal

toncil - Kamis, 24 Mei 2012 | 10:55 WIB
No caption
No credit
No caption


Agar bisa dijual dengan harga yang kompetitif Nissan Evalia harus dirakit di Indonesia. MPV berukuran gambot ini sudah diproduksi di Indonesia menggunakan banyak komponen lokal. "Totalnya sudah menggunakan 75 persen komponen lokal Indonesia," jelas Hideto Murakami, Corporate Vice President Nissan Motor Co.,Ltd dalam presentasinya tadi malam (23/5) di sela media test drive Nissan Evalia di Yogyakarta. 

Hingga saat ini Nissan memiliki pabrik perakitan sendiri di Indonesia. Fasilitas produksi yang terletak di Cikampek ini mampu memproduksi mobil dengan kapasitas maksimum 100 ribu unit tiap tahunnya. Meski menggunakan banyak komponen lokal, pria Jepang ini meyakinkan tidak akan ada perbedaan kualitas. "Konsumen Indonesia mendapatkan kualitas yang sama dengan konsumen di Eropa dan Jepang," lanjutnya.

Sejak tahun 2009, Nissan Evalia sudah terjual 100 ribu unit di 40 negara. Sebelumnya sudah laris di Jepang, Eropa, China bahkan Malaysia dan Singapura. Kedepannya mobil ini juga akan masuk pasar India dan Amerika Serikat. Di tanah air, Nissan Evalia akan dijual direntang harga Rp 160 sampai Rp 180 jutaan.

Nissan Evalia mengusung mesin HR15DE yang digunakan mirip dengan mesin Nissan Grand Livina dan Juke. Kapasitasnya 1.500 cc namun dikawinkan transmisi baru yang sesuai dengan karakter jalanan di Indonesia.

Totalnya ada dua varian 'baby Serena' yang akan dipasarkan. SV sebagai varian standar dan XV yang telah dilengkapi dengan DVD single din, monitor 10 inci di plafon, parking sensor, rear view camera, rear cooler, i-key with immobilizer.

Juga kelengkapan keamanan dan kenyamanan yaitu EBS, EBD (electronic brake distribution) dan BA (Brake Assist) serta front SRS airbag. Kedua varian ini akan dipasarkan dengan pilihan transmisi manual dan automatic.

Salah satu keunggulan mobil yang masuk dalam keluarga Nissan B-platform ini ada pada dimensi ruang kabinnya. Panjang 4.400 mm, lebar 1.695 mm dan wheelbase 2.725 mm. Memiliki daya angkut penumpang 7 orang, mobil ini juga dilengkapi dengan sliding door yang memudahkan keluar masuk penumpang. (mobil.otomotifnet.com)


Editor : toncil

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa