Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yuk, Intip Fasilitas Perakitan BMW Indonesia

Rabu, 9 Mei 2012 | 07:02 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta - Sebuah kebetulan yang tak terduga ketika OTOMOTIFNET.com dipersilakan berkunjung ke fasilitas perakitan BMW Indonesia di Sunter, Jakarta Utara pada Selasa (8/5). Pasalnya kegiatan plant tour ini dilangsungkan bersamaan dengan peluncuran SUV X3 versi lokal.

Tak mau menyiakan kesempatan, Otomotifnet.com langsung berkeliling untuk melihat lebih jauh proses perakitan produk CKD (completely knock down) produk BMW di Indonesia. Meski tanpa penjelasan detail, namun langkah perakitan terlihat jelas oleh Otomotifnet.com.

Fasilitas perakitan BMW Indonesian terdiri dari dua jenis line produksi. Rel pertama menggunakan rel robot yang menggantung rangka/bodi mobil BMW yang setengah jadi. Sedangkan yang lain hanya berbentuk line perakitan berjalur biasa.

Line produksi berbentuk robot gantungan berfungsi untuk memasangkan kaki-kaki dan mesin ke rangka mobil. Mobil digantung agak tinggi agar teknisi bisa memasang komponen kaki-kaki dengan tetap berdiri. Sedangkan line produksi jalur darat digunakan untuk memasang komponen interior dan eksterior seperti pintu dan bumper.


   Perakitan komponen detail (gbr.1), Pemasangan interior (gbr.2), Line bergantung (gbr.3), Pemasangan kaki-kaki (gbr.4)

Selain itu, unit ini didukung bagian produksi yang bertugas merakit komponen kaki-kaki. Unit yang satu ini bertugas untuk menyatukan beberapa komponen detail seperti power steering, sistem penggerak dan sebagainya sebelum bisa dipasangkan di rangka mobil.

Oh iya, semua komponen BMW yang dirakit di fasilitas perakitan BMW Indonesia ini masih didatangkan utuh dari negeri asalnya, Jerman. Sebagai contoh, bodi BMW X3 yang sudah dalam keadaan dicat ketika sampai di fasilitas perakitan BMW Indonesia.

"Ya, memang semua komponen masih dikirim langsung dari Jerman. Disini hanya melakukan proses perakitan saja. Seluruh proses perakitan dilakukan oleh SDM Indonesia namun quality controlnya tetap sesuai standar dari BMW Jerman." jelas Product Planning Manager BMW Group Indonesia Dennis A. Kadarusman.

Pada fasilitas ini, produksi mobil perhari mencapai 10 unit. Dan produk yang dirakit di sini terdiri dari sedan Seri-3 dan Seri-5, crossover X1 dan yang terbaru, SUV X3. (mobil.otomotifnet.com)


Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa