Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Fokus Pada Mobil Listrik, Nissan Ogah Pakai Diesel

billy - Rabu, 25 April 2012 | 11:08 WIB
No caption
No credit
No caption


Jakarta – Salah satu cara menyiasati efisiensi BBM adalah dengan mengaplikasi mesin diesel. Beberapa pabrikan dunia berlomba mengaplikasikan mesin rancangan Rudolf Diesel ini. Sebut saja BMW, VW Group hingga Toyota. Namun, hal tersebut tak berlaku bagi Nissan.

Pabrikan asal Jepang tersebut menyatakan fokus mereka pada kendaraan plug-in elektrik. Pasalnya kendaraan elektrik mereka, Leaf cukup sukses di pasaran. Pada 2011 penjualannya menembus angka 10.000 unit. Dan Nissan juga optimis dapat menjual 20.000 unit Leaf di tahun 2012, dan 60.000 unit Leaf di 2013.

Hal tersebut dirasa ganjil. Sebab salah satu pasar otomotif terbesar dunia, yaitu Amerika mulai melirik mesin diesel yang dirasa lebih hemat dan ramah lingkungan berkat sistem common rail. Begitu pula pasar Eropa dimana mobil bermesin diesel merajai.

Toh demikian, partner Nissan dibenua Eropa, yaitu Renault turut membantu pasar mobil elektrik di sana dengan merilis beberapa varian mobil listrik. Di sisi lain, Renault juga mengembangkan mesin diesel.

Dan kabarnya, dengan pengalaman mereka Renault akan mengembangkan sistem penggerak hybrid yang menggabungkan motor listrik dan mesin diesel. Kendaraan hybrid diesel sendiri saat ini sudah dilepas oleh competitor Renault, yakni Peugeot dan Citroen. (mobil.otomotifnet.com)


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa