Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

KIA Tampilkan Ray EV, Mobil Listrik Korea Pertama

billy - Rabu, 28 Desember 2011 | 10:03 WIB
No caption
No credit
No caption


Seoul - Tak ingin kalah dengan pabrikan Jepang yang ramai-ramai pamer mobil ramah lingkungan di ajang Tokyo Motor Show 2011 awal bulan ini, produsen asal Korea Selatan, KIA juga meluncurkan Ray EV yang diplot sebagai mobil listrik pertama dari Negeri Gingseng itu.

Namun mobil ini hanya diproyeksikan untuk mengisi pasar Korsel sendiri. Belum ada rencana untuk mengekspor mobil itu. Dan aat ini sebanyak 2.500 armada dibuat untuk yang akan menunjang transportasi pemerintah dan kantor publik.

Ray EV dilengkapi dengan motor elektrik bertenaga 50kW dan baterai lithium polymer 16,4 kWh. Kemampuannya menghasilkan torsi sebesar 123lb-ft. Ray EV diklaim berlari dari diam ke 100 km/jam dalam 15,9 detik. Dengan kecepatan tertinggi 130 km/jam.

Sistem rem regenerative juga disematkan, sehingga energy hasil pengereman yang dihasilkan akan disalurkan ke baterai. Selain itu, recharge juga dapat dilakukan dengan pengisian daya baterai di outlet listrik rumahan. Daya sebesar 220V sudah terisi penuh selama pengecasan 6 jam, dan dapat dipakai sejauh 139 km.

Mau lebih cepat? Hanya butuh waktu 25 menit untuk mode fast-charge. Dengan outlet yang terletak di samping kanan seperti mengisi bbm. Di Korsel rencananya akan ada stasiun pengisian listrik sebanyak 3.100 sebelum 2013.

Sebagai fitur keselamatan pejalan kaki, ada Virtual Engine Sound System yang akan memberitahu saat mobil berjalan kurang dari 20 km/jam. (mobil.otomotifnet.com)


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa