Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Chevrolet Thriftmaster, Mengenang Kejayaan Truk Chevrolet Era 1948

billy - Rabu, 21 Desember 2011 | 16:03 WIB
No caption
No credit
No caption


Jakarta - Melirik mobil tahun 1948 keluaran General Motors. Mobil berjenis truk ini namanya Chevrolet Thriftmaster. Loadmaster adalah panggilan yang lain. Leluhurnya adalah Chevrolet AK Pickup Truck. Thriftmaster digantikan oleh generasi yang telah berevolusi yaitu Seri Task Force.

GM memang memulai karyanya pasca Perang Dunia II. Advance Design Series dibuat lebih besar, kuat dan lebi ramping. Delapan tahun sejak tahun 1948 sampai 1955 Thriftmaster mengalami penjualan nomor satu di AS.

Mesinnya bertipe 6 silinder. Kekuatan mesin yang bisa dicapai berdasarkan net brake horsepower di angka 83 di 3200 RPM. Transmisi manual dengan kodenya adalah FP 1/2 ton, FR 3/4 ton, dan FS 1 ton.

Penyebutannya untuk menentukan kapasitas kargo yang bisa diangkut. Mobil truk di desain dengan dua pintu. Tahun 1952 pegangan pintu berubah menjadi model tekan untuk membukanya.

Mesin 235 cu in (3,9 l) tahun 1954 dengan transmisi hydramatic otomatis tersedia untuk pertama kalinya. Nomer kode serialnya tidak berubah sejak tahun 1953. Desain bemper grille dulu lurus sekarang berdesain palang terlihat seperti "hidung banteng".

Perubahan pertahun terlihat dari desainnya. Salah satunya, hood emblem sisi samping. Blok kayu digunakan sebagai penandanya. Sedangkan sekarang ID di pintunya berwarna biru dengan huruf berwarna silver.

Panjangnya 4,9 m di tahun 1947-1952. Hanya memendek sebanyak 1m menjadi 4,8 m di 3 tahun berikutnya. Model tahun 1955 mengalami desain ulang di kap sisi samping serta driveshaft terbuka di tabung torsi tertutup. (mobil.otomotifnet.com)


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa