Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

BMW Patenkan Mesin V6 Turbocharger Untuk Generasi M3 Anyar

billy - Jumat, 16 September 2011 | 08:02 WIB
No caption
No credit
No caption


Jerman – Pengembangan mesin terbaru pabrikan mobil premium asal Jerman, BMW yang berkonfigurasi V6 turbocharged memang belum final. Namun, BMW telah mematenkan layout sequential turbocharged yang dapat dipakai pada mesin enam atau delapan silinder.

Mesin V6 terbaru ini rencananya kan dipakai pada varian sportscar BMW M3 generasi terbaru. Tentunya, terpilihnya mesin V6 ini diplot untuk menggantikan mesin inline 6 BMW yang legendaris pada mobil yang terkenal di trek balap tersebut. 

Beberapa bagian yang dipatenkan diantaranya desain mesin pembakaran internal dalam konfigurasi V dengan bank silinder pertama dan bank silinder kedua.

Selain itu, sistem ini tergolong unik. Pasalnya hasil gas pembuangan dari ke enam silinder ini akan masuk ke satu turbocharger dimana BMW juga mengatakan jika sistem ini memungkinkan menjadi sistem twinscroll turbo. Setelah itu udara meninggalkan perangkat tersebut dan pindah ke turbo ke dua dan sistem pembuangan.

Dapat disimpulkan jika gas buang dapat dialihkan baik ke dalam sistem pembuangan atau ke turbocharger lain. Sementara itu, tata letak turbo akan diaplikasi secara berurutan. Aplikasi paten juga menyebutkan bahwa hal ini memungkinkan kedua turbo untuk memiliki ukuran yang berbeda.

Meski sudah memiliki rancangan dan paten, yang jelas BMW belum akan menggunakannya dalam waktu dekat. Namun setidaknya pabrikan ini telah mempertimbangkan aplikasi mesin turbo V6 yang efisien dan responsif. (mobil.otomotifnet.com)


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa