Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ford Focus ST, Siap Ramaikan Perang Hatchback di Eropa

billy - Minggu, 25 September 2011 | 13:03 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Frankfurt – Tak mau kalah dengan dua seteru asal Asia yang menggelontorkan hatchback di segmen C, yaitu Hyundai i30 dan Honda Civic, produsen asal Amerika, Ford juga menyiapkan Focus ST sebagai andalan di kelas tersebut.

Focus ST yang mulai dikenalkan hari ini Selasa (13/9) di ajang Frankfurt Motor Show 2011 direncanakan akan mengisi pasar global di 40 negara. Sedangkan Focus versi wagon, hanya akan dilepas di benua Eropa.

Urusan tampang, Focus ST tampak lebih bersahabat dengan kesan membulat di bagian front fascia. Namun ciri desain Ford global, Kinetic Design tetap dipertahankan lewat garis bodi yang bold.

Di balik kap mesin Focus ST, tertanam dapur pacu 2.0-liter Ecoboost turbocharged berdaya 250 dk, dan memiliki torsi 360 Nm. Mesin ini menggusur tipe lawasnya, T5 yang dipakai pada varian saat ini. Ford juga menjanjikan suara yang lebih gahar berkat penempatan ujung knalpot di tengah bumper belakang.


Meski bertenaga, namum pabrikan berlogo oval biru ini mengklaim jika mobil ini lebih irit BBM hingga 20  persen ketimbang versi lawasnya. Mesin ini dikawinkan dengan girboks manual 6-speed, yang tentu bakal memanjakan pecinta kecepatan.

Lalu demi kesempurnaan handling, Ford membekali tidak hanya satu, tapi dua buah perangkat torque steer antidotes. Hal ini ditujukan untuk mendukung sistem elektronik power steeringnya, sehingga kenyamanan berkendara tetap terjaga.

Masuk ke kabin, aura sporty terpancar dengan pemasangan jok Recaro di baris depan dengan paduan warna kuning abu-abu. Selanjutnya, bentuk dashboard tampak futuristic dengan banyaknya tombol dan celah penggunaan lis. Sayangnya, hal ini justru terlihat terlalu ramai. (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa