Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ford Bikin Mesin Terkecil, 1.0 Liter 3 Silinder

billy - Jumat, 3 Juni 2011 | 09:08 WIB
No caption
No credit
No caption


Detroit - Pabrikan Amerika, Ford Motor Company yang identiknya dengan mobil-mobil bermesin besar, kini mulai melirik potensi sebuah mesin kecil. Karenanya, Ford siap membuat mesin kecil 1.0 liter dengan 3 silinder saja.

Rencana tersebut tentu saja berkaitan langsung dengan efisiensi bahan bakar, dimana harga BBM terus melonjak naik, apalagi pemerintah Federal di Amerika sudah begitu ketat memberlakukan regulasi emisi gas buang kendaraan.

Dalam dua tahun kedepan, mesin ini akan dikembangkan. Dan meskipun hanya dibekali 3 silinder, namun kinerjanya dijamin bakal serupa dengan mesin empat silinder, dengan kelebihan pengehematan bahan bakar dan emisi yang lebh rendah.

"Kami terus berusaha mencari perbaikan efisiensi BBM," ujar Derrick Kuzak, kepala pengembangan produk Ford. "Karenanya, satu-satunya cara melakukan hal itu adalah denga mencari teknologi baru dan perhatian terhadap detail," tambahnya.

Selain mesin yang lebih imut, Ford juga akan memadankan mesin kecil tersebut dengan tranmisi hybrid 8 speed. Transmisi ini akan menggantikan transmisi buatan pemasok Jepang, Aisin.

Mesin tiga silinder ini juga akan dibekali teknologi andalan Ford EcoBosst, yang mencakup turbocharging dan injeksi langsung. Nantinya, semua produk global Ford akan menggunakan mesin kecil ini. (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa