Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Teknologi VVT Bikin Mobil-Mobil Chevrolet Bernafas Lega

billy - Rabu, 11 Mei 2011 | 10:06 WIB
No caption
No credit
No caption


Detroit - Mendapatkan pasokan udara dan lancarnya gas buang pada semua kecepatan dan kondisi mengemudi tentu sangat penting untuk membuat efisiensi bahan bakar dan emisi rendah.

Itu sebabnya, sekarang hampir semua mobil-mobil Chevrolet sudah dilengkapi dengan Variable Valve Timing (VVT) untuk mengoptimalkan pernafasan mesin. Jadi, mesinnya bisa bernafas lega.

"Tidak perduli apakah mesin tersebut empat, enam atau delapan silinder, hampir setiap mobil Chevrolet saat ini sudah mengusung teknologi VVT," ujar Sam Winegarden, General Motors executive director of Global Engine Engineering.

Dengan teknologi tersebut, camshaft didorong oleh rantai dari crankshaft untuk menjaga bukaan katup selalu singkron dengan gerakan piston didalam silinder. Sehingga proses kerja mesin akan optimal, tanpa mengorbankan performanya.

Sebagai gambaran, bahkan Chevrolet Camaro yang dibekali mesin V6 sekalipun dengan tenaga mencapai 312 Hp, kini konsumsi bahan bakarnya 1 liter bisa menempuh jarak 12,7 km pada kondisi jalan kombinasi.

Sementara itu, penyesuaian sudut camshaft sekitar 60 derajat pada mesin Ecotec 1.4 liter turbocharged di Chevrolet Cruze, digdaya menyederhanakan proses kerja mesin dan mengurangi emisi gas buang.

Semuanya bertujuan untuk membuat kinerja mesin lebih efisien da presisi, pada semua jenis da tipe mesin dari mobil-mobil Chevrolet. Sebuah teknologi yang secara signifikan dianggap membantu. (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa