Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tampang Boleh Tua, Tapi Teknologi Saingi Nissan Leaf!

billy - Selasa, 26 April 2011 | 11:30 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Toronto - Gembar gembor mobil ramah lingkungan nol emisi ternyata tidak hanya bisa terjadi pada mobil-mobil baru dengan teknologi terkini. Ini buktinya, sebuah pickup lawas lansiran tahun 1958, ternyata teknologi yang diusungnya setara Nissan Leaf.

Gak percaya? Adalah produsen Beer di Toronto Kanada yang telah membuat Chevrolet Apache yang juga ikon mereka, agar tidak menjadi besi tua yang teronggok begitu saja di gudang.

Ya, Chevrolet Apache 1958 ini sudah membuang mesin lawasnya yang boros BBM dan menggantinya dengan mesin yang justru tidak membutuhkan lagi setetes pun BBM, karena sudah menggunakan listrik.


Sebuah motor listrik Azure Dynamic dengan baterai Lithium-ion berjumlah 24 buah, 6 diantaranya terpasang di ruang mesin dan sisanya dibalik bak belakangnya. Dengan sekali pengisian baterai selama 8 jam, Chevy Apache elaktrik ini bisa menempuh jarak 160 km.

Asiknya, mobil ini diperkirakan bisa digunakan dengan optimal selama kurun waktu sekitar 9 tahun, sehingga bisa menghemat pengeluaran bahan bakar operasional perusahaan sampai sekitar Rp 380 jutaan.

Manajer perusahaan Beer Steam Whistle, Mike Kiraly sendiri yang menggagasnya, dan bahkan menggunakannya sebagai mobil sehari-hari, dan menyebut Chevy Apache ini sebagai mobil Retro-Electro.

"Bayangkan kita mengendarai mobil vintage seksi, namun dengan emisi-knalpot nol. Sebuah gaya old School yang dikombinasikan dengan hati nurani modern," bangganya. (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa