Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Diajak Berenang, Mesin New Ford Ranger Gak Mati

billy - Rabu, 6 April 2011 | 12:03 WIB
No caption
No credit
No caption


Detroit - Produsen mobil Amerika, Ford, sepertinya benar-benar mempersiapkan kehadiran double cabin terbarunya, New Ford Ranger untuk segela kondisi medan. Bahkan, Ford mengklaim New Ford Ranger bisa diajak berenang!

Menurut Ford, selama mereka melakukan pengujian, New Ford Ranger bisa terus berjalan didalam air tanpa menyebabkan mesin mati, bahkan saat membawa beban penuh sekalipun.

Pengujian tersebut dilakukan pada kedalaman air 5 cm, dengan kecepatan mobil 30 km/jam, 50 km/jam dan 65 km/jam. Lalu perlahan-lahan, kedalaman air ditingkatkan sampai 80 cm, dengan kecepatan 7 km/jam. Mesin New Ranger tetap hidup.

Tom Dohrmann, insinyur dibalik rancangan pengelolaan air untuk Ford Ranger mengatakan, saat melewati air, beberapa kegagalan fungsional pada mobil sangat mungkin terjadi.

Apalagi ketika air masuk melalui saluran hisap ke mesin, yang bisa menyebabkan hidro-lock. Setang piston bisa bengkok, dan bahkan menghancurkan tatanan mesin secara keseluruhan.

"nah, kita harus melindungi potensi kegagalan fungsi tersebut ketika mobil masuk kedalam air, sehingga konsumen bisa memasukkan mobilnya ke air tanpa menyebabkan kerusakan mesin," ujarnya.

Salah satu caranya, menempatkan saluran hisap udara ke mesin pada posisi yang lebih tinggi. Namun sayangnya, Ford tidak menjelaskan lebih lanjut cara teknis lainnya agar Ford Ranger tidak mati mesinnya didalam air. (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa