Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda FCX Clarity, Mobil Balap Pertama Berbahan Bakar Hydrogen

billy - Rabu, 16 Maret 2011 | 18:01 WIB
No caption
No credit
No caption


Amerika – Lupakan sejenak sosok muscle car seperti Chevrolet Camaro, Corvette atau Ford Mustang yang biasanya dipakai sebagai pace car dibalapan formula ala Amerika, Indycar Series. Sebab, musim balap 2011 tugas mobil pemimpin start itu diserahkan pada mobil Honda FCX Clarity.

Terasa unik karena FCX Clarity merupakan sosok sedan yang bersumber penggerak fuel cell hybrid. Yup, FCX Clarity menggabungkan motor elektrik bertenaga 134 dk, dan mesin Honda Vertical Flow (V Flow) hydrogen fuel cell stack, yang membuat emisi buangnya berupa air.

Selain itu, Honda juga mengklaim mobil tanpa emisi ini memiliki performa dan akselerasi yang tak kalah dengan mobil bermesin 4-silinder bensin, bervolume 2.400 cc. Hebatnya lagi, dalam sekali pengisian hidrogen, FCX Clarity mampu dibawa hingga 386 km, atau dua kali lebih irit daripada mesin bensin.

Tak kalah unik, FCX Clarity hanya dijual di beberapa wilayah Amerika, dikarenakan pompa pengisian hidrogen yang masih jarang.

Bahkan, Honda hanya membolehkan konsumen membeli FCX Clarity dengan cara kredit selama 3 tahun, dengan angsuran sebesar Rp 5,3 juta perbulan. Asiknya, angsuran tadi sudah berikut biaya perawatan berkala selama 3 tahun oleh bengkel resmi pabrikan berlogo huruf H di Amrik.

Peranan FCX Clarity diajang Indycar Series sendiri akan dimulai pada tanggal 24-27 Maret pekan depan, tepatnya digelaran bertajuk Festival of States Parade di kota Saint Petersburg.

Di parade ini, terdapat ajang IZOD IndyCar Series, Firestone Indy Lights Events dan Acura Sports Car Challenge yang semuanya akan dikawal oleh FCX Clarity.

Meski demikian, ini bukanlah ajang debutan FCX Clarity. Karena di tahun 2008 silam, FCX Clarity juga pernah mengawal ajang Indycar Japan Series. (mobil.otomotifnet.com)


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa