Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Hyundai Pilih Indonesia Atau Vietnam?

billy - Kamis, 3 Maret 2011 | 13:15 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Hyundai H-1. Sudah diekspor target 150 unit per bulan
Jakarta - Wacana perihal bakal masuknya Hyundai Motor Company (HMC) ke Indonesia, sudah lama  bergaung sejak tahun 2009 lalu. Hal ini berkaitan dengan strategi HMC dalam menelurkan ASEAN car yang sejak lama direncanakan. 

Namun, nyatanya, hingga kini pihak HMC belum memutuskan, apakah Indonesia atau Vietnam sebagai basis produksi manufacturing  mobil asal Korea Selatan itu.

“Sampai sekarang, HMC belum memutuskan akan berinvestasi di mana. Tetapi, kami tetap menyuplai data-data yang dibutuhkan mereka untuk dipelajari,” sebut Jongkie D. Sugiarto, President Director PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI).

Ia menambahkan, pihaknya belum mengetahui apa yang menjadi latar belakang pihak HMC belum juga memutuskan kemana investasinya bakal dikucurkan. “Kami juga tak tahu, apa yang menjadi hambatan mereka. Tetapi, selama mereka membutuhkan data-data, dan kami bisa memberikan, ya kami berikan,” sebut penggemar olah raga tenis lapangan ini.

Selama ini, katanya lagi, HMC belum berinvestasi di Indonesia. Makanya, ia berharap, keputusan itu segera dibuat dan HMC memilih Indonesia sebagai salah satu basis produksi mobil-mobilnya di kawasan ASEAN. 

“Kita harap, bukan sekadar perakitan, tetapi manufacturing. Kalau perakitan saja, sih itu sudah dilakukan HMI,” jelasnya.


HMI sampai saat ini sudah merakit Hyundai H-1 di pabriknya di Karawang.  Sesuai kebijakan HMC, setiap model hanya boleh dirakit oleh salah satu negara. Misalnya H-1, hanya dirakit di Indonesia untuk kemudian di ekspor ke negara ASEAN lain.

“Kita susah ekspor sejak November 2010 lalu. Per bulannya mencapai 150 unit. Sampai saat ini baru ke Thailand,” ujar Jongkie lagi.

Atas kebijakan itu, untuk model-model lain, seperti Avega, yang akan berganti rupa pada tahun ini, didatangkan dari negara tetangga.

Konsep seperti ini, tak beda jauh dengan perusahaan otomotif  Jepang yang menjadikan satu negara sebagai basis produksi untuk kemudian disebar ke negara lain.

Seabgai contoh adalah proyek  IMV Toyota Motor Company yang mengonsentrasikan Toyota Kijang Innova diproduksi di Indonesia untuk kemudian dipasarkan ke kawasan ASEAN/Oceania. Begitupun dengan Honda yang meracik Jazz di Indonesia untuk kemudian disebar ke berbagai negara.

Pada rencananya nanti, pabrikan lain juga akan membuat proyek sejenis. Berdasarkan informasi yang diterima, Suzuki, Chevrolet, Nissan dan beberapa mereka lain akan melakukan langkah serupa.

Semoga bukan jadi pasar semata!  (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa