Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Training Global Mekanik KIA Dilakukan Via Online

billy - Kamis, 2 Desember 2010 | 15:01 WIB
No caption
No credit
No caption



OTOMOTIFNET - Pada umumnya, para pemegang merek mobil melakukan training pada teknisinya dengan cara dikirim ke prinsipal atau sebaliknya tim ahli prinsipal yang didatangkan ke Indonesia. Nah, KIA punya cara yang efektif, yakni pelatihan mekanik via online!

Disetiap jaringan distribusi KIA secara global, sejak tahun 2007 sudah menerapkan sistem pelatihan online. Hal ini juga diterapkan di Indonesia, dimana KIA diwakili oleh PT KIA Mobil Indonesia.

"Memang jadi lebih praktis, karena kita tidak perlu mengirim teknisi kita untuk transfer teknologi seluruh mobil KIA. Cukup melalui internet," buka Director After Sales Service KMI, Suwanda Setiadi, di dealer KIA Bintaro, hari ini (2/12)

KIA menyediakan fasilitasnya, seperti seperangkat komputer yang sudah terhubung dengan jaringan internet. Kemudian, seluruh teknisi KIA akan diberikan ID dan Password untuk mengakses pelatihan dan konsultasi via online, yang dikelola langsung prinsipal KIA di Korea.

Tidak hanya sekedar membaca materi seputaran teknologi dan perkembangan produk-produk KIA, pelatihan online ini juga mempersilakan para teknisi untuk melakukan konsultasi realtime. Bisa melalui teleconference maupun chatting.

Ada tahapan-tahapan dalam pelatihan online tersebut yang harus diikuti para teknisi. Mulai dari pemula, lalu spesialisasi mesin, kelistrikan dan sasis, kemudian tingkatan terakhir master.

"Para teknisi juga bisa mengajukan tes setahun sekali, dan kalau lulus kita print sertifikatnya yang sudah ditandatangani langsung prinsipal KIA di Korea. Jadi diakui secara global dimanapun jaringan KIA berada di seluruh dunia," papar Suwanda.

Saat ini, Suwanda mengatakan pelatihan via online ini berjalan dengan efektif. Dan KIA Mobil Indonesia sudah memiliki 3 orang teknisi dengan level master, yang keahliannya diakui secara internasional.

"Di Asia Tenggara, Indonesia paling banyak jumlah teknisi masternya," yakin Suwanda.

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa