Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tak Ikut Tren Ramah Lingkungan, Hyundai Malah Kembangkan Mesin V8 5.000 cc

billy - Senin, 15 November 2010 | 17:23 WIB
No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Saat pabrikan mobil di dunia berlomba membuat mobil yang ramah lingkungan dan efisien dalam penggunaan bahan bakarnya dengan mengoptimalkan kapasitas mesin kecil, membangun teknologi hybrid atau malah membuat mobil bertenaga listrik, Hyundai malah melakukan hal yang terbalik.

Pabrikan mobil asal Korea ini dikabarkan sedang mengembangkan mesin berkapasitas mesin besar untuk menghasilkan output power besar pula. Mesin Hyundai Tau V8 4.800cc yang terkenal bertenaga, kabarnya sedang dikembangkan agar lebih powerfull.

Hyundai dikabarkan melakukan langkah bore up pada mesin Tau. Diamter piston mesin 8 silinder ini menjadi 96 mm dipadu dengan stroke yang sama yaitu 87 mm. Dengan konfigurasi ini kapasitas mesinnya melonjak menjadi 5.000 cc.

Powernya pun gila! seperti diungkapkan Autoevolution, diprediksi mencapai 429 dk dengan torsi hingga 510 Nm. Power ini lebih besar 17 dk dari mesin Ford Mustang GT. Sekaligus lebih bertenaga 9 dk dari Infiniti V8 5.6-liter, yang memproduksi 420 dk.

Tapi bukan berarti kapasitas mesin lebih besar konsumsi bahan bakarnya lebih boros. Mesin V8 5.000 cc ini diklaim akan lebih hemat bahan bakar hingga 1 liter untuk 7,7 kilometer.

Selain mengembangkan mesin bertenaga besar, Hyundai juga dikabarkan sedang mempersiapkan mesin 1.000 cc tiga silinder yang ramah lingkungan. Mesin kecil ini akan dipasang di Hyundai i10. Versi standarnya mampu menghasilkan tenaga hingga 69 dk, tapi versi turboharger nya yang konon akan dipasarkan untuk pasar Amerika Serikat dapat memuntahkan tenaga hingga 110 dk. Mantap!

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa