Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ford dan Mazda Kerjasama Bikin Pabrik Pick-Up di Thailand

Editor - Jumat, 27 Agustus 2010 | 12:26 WIB
No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET – Berbagi platform kendaraan antara produsen mobil asal Amerika, Ford dengan pabrikan asal Jepang, Mazda dikawasan Asia Tenggara memang telah berlangsung lama.

Mulai dari kerjasama dalam membangun Mazda Cronos dan Ford TX-5 di kelas sedan. Lalu, Mazda BT-50 dan Ford Ranger untuk kategori double cabin. Serta kerjasama terbaru yakni Mazda2 dan Ford Fiesta dalam kategori sedan mini.

Dan kini, mereka bekerjasama kembali dalam ikatan AutoAlliance Thailand (AAT) untuk membangun sebuah kendaraan jenis truk pick-up generasi baru yang akan diproduksi mulai pertengahan tahun 2011 mendatang. 

Bahkan, untuk proyek yang berbasis di Rayong, Thailand ini mereka berani menyuntikan dana hingga US$ 350 juta atau senilai Rp 3,15 triliun. Investasi ini menambah daftar panjang investasi yang telah mereka lakukan bersama. Totalnya mencapai angka US$ 1.85 miliar atau sekitar Rp 16,6 triliun sejak pertama kali AAT berdiri di tahun 1995.

Menurut Masaharu Yamaki, Direktur Representative Mazda mengungkapkan bahwa investasi terbaru ini juga akan membuat AAT menjadi sentra produksi pasar global bagi truk pick-up dari kedua merek.

Proyek pick-up ini akan dibuat dengan fasilitas pabrik AAT yang telah berdiri sejak tahun 1995. Sejak pertama kali beroperasi, pabrik ini sudah mengekspor truk pikap Ford dan Mazda ke lebih dari 130 pasar di seluruh dunia. Selain itu, pabrik ini juga menjadi basis produksi Mazda2 dan Ford Fiesta untuk pasar Thailand, serta ekspor ke negara-negara ASEAN lainnya.

Penulis/ Foto: Ilham/ Mazda

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa