Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Terganjal Emisi, Penjualan Honda Civic Type R Hatchback Distop!

Otomotifnet - Rabu, 18 Agustus 2010 | 08:14 WIB
Terganjal Emisi, Penjualan Civic Type R Hatchback Distop!
Terganjal Emisi, Penjualan Civic Type R Hatchback Distop!

OTOMOTIFNET -  Ketatnya aturan emisi gas buang di negara-negara Eropa kini membawa korban.

Kali ini yang menjadi korban aturan tersebut adalah pabrikan asal Jepang, Honda Motor Corp. yang terpaksa menyetop penjualan Civic Type R Hatchback-nya di Eropa.

Hal ini disebabkan tidak lolosnya mobil hatchback ini pada uji emisi Euro 5 yang kini diterapkan di negara Uni Eropa. Hal ini tentu cukup menyedihkan bagi produsen berlogo huruf H tegak itu.

Sebab, sejak akhir Agustus 2010, Honda juga menyetop produksi dari Civic Type R sedan empat pintu di Jepang. 

Civic Type R Hatchback sendiri, merupakan mobil berpintu tiga yang konsepnya sangat sporti dan agresif. Dan mobil ini mulai dikenalkan ke public melalui versi konsepnya di ajang Geneva Motor Show 2006. Lalu, versi produksinya baru dikenalkan di acara Paris Motor Show 2006.

Mencangkok mesin bertipe 4 silinder “Naturally Aspirated” yang berkapasitas 2000 cc berteknologi I-VTEC. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 201 daya kuda pada 8000rpm. Kemudian penyaluran tenaga pada roda depan dilakukan melalui transmisi 6 speed manualnya.

Tak heran, dengan kemampuann tersebut. Para pecinta kecepatan mensejajarkan mobil ini dengan VW Golf GTI, Renault Clio Sport, Ford Focus RS, hingga mobil sport asal Jerman, Audi TT coupe quarto. 

Namun, pihak Honda menyatakan bahwa produksi Civic Type R Hatchback di Swindon, Inggris bisa kembali memproduksi mobil yang dikembangkan oleh divisi balap Honda tersebut, jika peraturan emisi Eropa memungkinkan.

Wah, sayang banget ya.


Penulis/Foto: Ilham/Honda

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa