Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ford Kenalkan Mesin Diesel Baru Berstandar Euro 5

Editor - Rabu, 4 Agustus 2010 | 15:25 WIB
No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Selama beberapa tahun terakhir, trend dunia otomotif telah benar benar  berubah. Era mesin raksasa bertenaga besar kini telah ditinggalkan. Bahkan kini semakin banyak calon pembeli mobil yang tertarik pada konsumsi bahan bakar hemat dan emisi yang rendah. Dan biaya operasional rendah.

Namun bagi bagi bisnis transportasi, kemampuan konsumsi bahan bakar yang lebih rendah tentu lebih dari sekedar masalah kebanggan. Kendaraan yang digunakan tentu saja memiliki jarak tempuh yang tinggi setiap harinya.  Oleh karena itu mesin diesel jadi begitu digandrungi di Eropa.

Para produsen otomotif menyadari hal ini dan berupaya untuk membuat mesin diesel yang lebih hemat bahan bakar untuk menyelamatkan keuangan pebisnis transportasi. Salah satunya adalah Ford yang mengumumkankan telah mengembangkan mesin diesel mereka untuk memenuhi standar Euro 5.

Mesin ini akan digunakan pada Ford Transit Connect dan Turneo. Dengan kapasitas 1800cc TDCI. Mesin ini menawarkan 3 pilihan output tenaga yaitu 75dk, 90dk dan 110dk dengan transmisi 5 percepatan.

Yang unik adalah mesin tersebut menawarkan konsumsi bahan bakar yang sama hematnya yaitu 6 liter/100km dengan emisi CO2 160gram per km. Untuk mencapai 100km/jam hanya dibutuhkan waktu 14,4 detik (versi 110dk) 17,4 detik (90dk) dan 21 detik (75dk). Ford nantinya juga akan menyediakan versi long wheelbase dari mobil diesel Euro 5 ini.

Bagaimana dengan mobil diesel di Indonesia? Nampaknya pemerintah masih harus mengerjakan “PR” memperbaiki kualitas solar di Indonesia. Wah kapan sampai Indonesia teknologi ini?

Penulis:Abed
Foto:Ford

 

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa