Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ford Kembangkan Jok Berbahan Dasar Kedelai

Editor - Jumat, 25 Juni 2010 | 15:10 WIB
No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Pabrikan mobil berlogo biru oval, Ford, kini tengah mengedepankan teknologi dan fitur yang berbau ramah lingkungan untuk semua produknya. Salah satunya contoh nyatanya adalah busa jok yang terbuat dari kedelai murni. Proyek ini telah dikembangkan di beberapa model mobil Ford yang dipasarkan di benua Amerika.

Misalnya Ford Taurus, Mustang, F-150, Fokus, Flex, Crown Victoria, Escape, Edge, Ekspedisi dan Econoline, serta Mercury Mariner dan Grand Marquis, Lincoln MKS, MKX, MKT. Bahkan, menyusul diluncurkannya versi terbaru Ford Explorer 2011, Ford pun sudah langsung memasang fitur tersebut di SUV ini.

Busa jok yang memang berbahan dasar campuran kedelai dan poliuretan ini rupanya mampu mengurangi polusi hingga 25 persen dibanding menggunakan jok yang berbahaan dasar busa biasa. Penggunaan busa kedelai Ford ini, setidaknya telah menghemat lebih dari 3 juta pounds penggunaan minyak bumi bila menggunakan busa jok biasa. Selain itu juga bisa mengurangi emisi pemuaian dari bahan-bahan kulit ke atmosfer hingga 67 persen.

“Kedelai sendiri berasal dari material yang ada di alam, setidaknya ketergantungan terhadap penggunaan minyak bumi bisa dikurangi. Maka dari itu kita perlahan mengembangkan produk yang ramah lingkungan. Besar harapan saya di suatu saat nanti, semua produk otomotif sudah tidak menggunakan apapun yang berbahan dasar minyak bumi,” ungkap Debbie Mielewski, Ford Technical Polymer Leader.

Untuk terus mengembangkan produk ramah lingkungannnya, Ford pun telah bekerjasama dengan asosiasi petani kedelai di Arkansas, dan juga bekerjasama dengan United Soybean Board's New Uses Committee, yang memang memperhatikan semua investasi ataupun perkembangan kedelai di Amerika.

Selain Expoler 2011 dan mobil pendahulunya, jok kedelai ini juga akan dipasang pada Ford Fusion, Fiesta, F-250/F-350 Super Tugas, Mercury Milan dan Lincoln MKZ yang baru akan diluncurkan.

Mau duduk di jok mobil berbahan kedelai..??

Penulis : Heru
Foto : Autobolg Green

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa