Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

BMW Motorrad Concept 6: Berasa 4 silinder Gaya Cafe Racer

Editor - Kamis, 12 November 2009 | 09:43 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - BMW dikenal jagoan membuat mesin 6 silinder segaris baik di mobil maupun truk. Mesin dengan konfigurasi seperti ini memiliki banyak keunggulan.

Salah satunya tenaga yang dihasilkan besar tapi sangat halus dan lebih mudah dikendalikan. Dan kini BMW mencoba memasukan mesin 6 silinder ke sebuah sepeda motor konsep.

Tapi dengan konfigurasi 6 silinder, mesin ini tidak menguntungkan bagi sepeda motor. Kenapa? Salah satunya karena bebannya lebih berat dan bentuknya yang memanjang kesamping membuat motor menjadi terlalu lebar.

Nah, berangkat dari masalah ini BMW tertantang untuk tetap nekat menggunakan mesin 6 silinder ke sepeda motor konsep mereka.

Agar tetap singset, BMW akhirnya mendesan mesin 6 silinder yang lebarnya hanya sedikit lebih lebar dari mesin 4 silinder pada umumnya.

Wah bagaimana caranya? BMW membuat mesin berkapasitas 1.3000cc yang memiliki karakter over stroke (langkah lebih panjang dari diameter piston) dan gap antar silinder dibuat sangat tipis.

Pengurangan bobot juga dilakuakan dalam mendesain camshaft dan connecting road yang seringan mungkin. Sebenarnya dengan pengurangan bobot dan dimensi ini saja secara power to weight ratio, BMW Motorrad Concept 6 sudah unggul di tenaga yang besar.

Tapi BMW juga tetap konsen membangun konstruksi yang terbaik untuk mendapatkan centre gravity semaksimal mungkin.

No caption
No credit
No caption

Karakter over stroke dan gap antar silinder yang tipis membuat dimensinya lebih langsing.

Langkah tersebut dilakukan dengan pemilihan silinder yang miring kedepan 55 derajat. Selain itu BMW juga memilih mendesain ruang oli dengan sistem dry sump technology yang memungkinkan mesin jadi sangat rendah dan datar.

Dengan mesin yang dipasang di bagian bawah dan massa terkonsentrasi di sekitar pusat gravitasi tentunya membuat BMW Motorrad Concept 6 lebih mudah dikendalikan.

Dengan semua rekayasa ini, BMW Motorrad Concept 6 masih malu-malu menyebutkan tenaga yang mampu dihasilkan motor konsepnya ini. Melalui release resminya, BMW hanya mengklaim torsi 130 Nm atau 96 lb-ft torsi yang mulai terasa hanya di 2.000 dan bisa terus di geber hingga 9000 rpm.

Asikkan? Apalagi BMW mendesain tampilan BMW Motorrad Concept 6 dengan aura café racer yang klasik dengan perpaduan unsure modern tapi sporty khas BMW. Hasilnya silahkan pelototin foto-fotonya!

Penulis/Foto: Popo/BMW

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa