Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Concept Car Nissan Land Glider

Editor - Jumat, 23 Oktober 2009 | 09:16 WIB
No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET – Jepang sebagai rumahnya berbagai merek mobil, tak heran jika Tokyo Motor Show (TMS) dijadikan ajang perdana memamerkan mobil konsep yang unik. Salah satunya adalah Nissan yang menyuguhkan concept car Land Glider di TMS 2009 ini.

Konsep Land Glider mirip dengan Volkswagen L1 Concept yang memulai debutnya di Frankfurt Motor Show 2009 lalu. Letak kesamaannya pada kemampuan akomodasinya. Mobil ini bisa menampung dua orang. Penumpang duduk persis di belakang pengemudi layaknya sepeda motor.

Nissan menawarkan pengendaraan yang sporty di sebuah mobil listrik. Land Glider diperuntukkan untuk penggunaan dalam kota yang tentunya sangat mendukung kesibukan kita sehari-hari.

Seperti kita ketahui, problem diberbagai negara adalah keadaan lalu-lintas kota yang hampir setiap hari macet dan lahan parkir yang kian berkurang. Untuk itu, Land Glider dibuat dengan pengendalian yang mantap dan mudah dalam menaklukan lalu-lintas kota yang padat. Dan ukurannya yang kecil, tentu kita dapat dengan mudah mencari tempat parkir.

Mobil ini memiliki steer-by-wire. Selain itu, mobil ini saat menikung bisa miring hingga 17 derajat. Ini bertujuan untuk menambah keasyikan berkendara dan memberikan sensasi layaknya kita mengendarai sepeda motor.

Ketika sedang berjalan, Land Glider menggunakan sensor kecepatan, steering angle dan yaw sensor. Jika semuanya bekerja sudah pasti akan meningkatkan efisiensi.

Dengan crumple zone yang berukuran kecil, para insinyur Nissan membuat solusi yang canggih. Ketika kita sedang berkendara, kumpulan sensor-sensor mengawasi keberadaan kendaraan yang ada di sekitar kita. Sensor ini juga dapat menjaga kecepatan kendaraan.

Mobil ini juga dilengkapi sistem yang dapat memberi peringatan kepada kita ketika akan terjadi tabrakan.

Land Glider menggunakan baterai jenis lithium-ion yang diletakkan di bawah lantai. Baterai menyuplai tenaga ke motor listrik yang ada di roda belakang. Mobil ini sanggup berjalan dengan kecepatan hingga 40 mph dan sanggup membawa kita hingga jarak 60 miles.

Bagaimana dengan dimensi Land Glider? Panjangnya 3,1 meter, tinggi 1,415 meter dan lebar 1,1 meter.

Sangat kompak bukan?

Penulis/Foto : Dika/Nissan

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa