Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda CR-Z, Mobil Sport Hybrid Produk Masal

Editor - Kamis, 22 Oktober 2009 | 12:09 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET – Tokyo Motor Show 2009 (TMS) sepertinya menjadi ajang mewujudkan mobil konsep menjadi produk masal. Jika kemarin OTOMOTIFNET.com menyajikan Lexus LF-A, kini giliran Honda CR-Z yang sudah diperkenalkan sejak TMS 2007 silam sebagai hybrid concept car.

Nah, CR-Z yang tampil di TMS 2009 kali ini adalah versi produk masal. Rencananya CR-Z akan dirilis pada Februari 2010 di Jepang. Sedangkan pasar Amerika baru bisa menikmatinya pada akhir 2010 atau awal 2011.

Tampilannya tidak banyak beda dengan versi konsep. Tapi perhatikan detil lampunya. Di versi konsep, lampu depannya memanjang. Sedangkan versi produksinya, lampunya bulat. Dan lampu belakang untuk versi produksi hadir lebih lebar.

Secara keseluruhan, tampilan CR-Z mirip dengan Honda Civic CR-X. Bedanya, CR-Z dirancang lebih ramah lingkungan dibanding kakaknya.

Masuk ke interior, nuansa futuristik pada versi konsep berganti dengan nuansa high-tech. Desain setir 3-spoke berganti dengan desain setir yang mirip dengan setir pada model Honda lainnya. Mobil ini juga hanya mampu memuat dua penumpang. Tidak seperti versi konsepnya yang dapat memuat empat orang. 

Urusan dapur pacu, Honda membenamkan mesin 1500cc, 4 silinder dtambah sistem hybrid yang dikembangkan Honda yaitu IMA (Integrated Motor Assist). Uniknya, mobil ini memakai transmisi manual 6-percepatan. Sesuatu yang baru untuk mobil hybrid.

CR-Z juga akan menjadi mobil sport hybrid pertama di dunia. Dan bila jadi dirilis tahun depan, CR-Z akan melenggang sendirian. Karena belum ada pabrikan lain yang merilis mobil sport dengan mesin hybrid ini.

Honda mengatakan akan melakukan beberapa perubahan kecil sebelum mobil ini akan dirilis tahun depan. Honda juga belum mengatakan perkiraan harga mobil ini.

Penulis/Foto : Dika/Honda

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa