Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Daun Besi Antipolusi

Editor - Selasa, 6 Oktober 2009 | 07:45 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Biasakan diri Anda melihat mobil yang tak mengeluarkan bunyi atau asap seperti ini. Ya, LEAF adalah mobil elektrik pertama Nissan yang diproduksi massal. Hatchback  sekelas VW Golf ini rencananya dijual mulai akhir 2010 di Jepang dan berlanjut ke AS dan beberapa negara Eropa.

Daun ini juga menjadi produk Nissan yang benar-benar bebas polusi, baik polusi udara maupun polusi suara. Perkenalan LEAF sendiri dilakukan Nissan di gedung markas besarnya yang baru di Yokohama, Jepang, dalam rangkaian acara “2009 Nissan Advanced Technology Briefing”.

No caption
No credit
No caption
No caption
No credit
No caption

Konsep desain LEAF dibuat simpel namun futuristis demi mencapai koefisien hambatan udara rendah. Dengan beberapa elemen berupa prototipe, desain EV (Electric Vehicle) ini sudah nyaris 100 persen final. Artinya hanya ada perubahan detail dari yang terlihat saat ini.

Sebagai fondasi transportasi masa depan, LEAF dibuat di atas platform  khusus Electric Vehicle.  Berbeda dengan mobil biasa, EV platform  ini dirancang dengan menempatkan baterai di bagian bawah sasis, dengan demikian tak mengganggu kapasitas interior dan bagasi.

Untuk melaju sampai top speed  di 140 km/jam, LEAF digerakkan oleh sebuah motor elektrik berkekuatan 109 dk di balik ‘kap mesin’. Putaran motor listrik inilah yang diteruskan pada kedua roda depan setelah melewati rangkaian roda gigi reduksi.

Performanya terbilang lebih dari cukup untuk penggunaan sehari-hari, karena LEAF dirancang mampu berjalan sejauh 160 km, sebelum baterainya perlu diisi ulang.

Pengisian baterainya, bisa dilakukan dua cara: metode Normal Charging  dan Fast Charging.  Dalam konsepnya, pengisian Normal Charging  dilakukan pada malam hari oleh pemilik mobil di rumah, sehingga mobil pun bisa digunakan kembali keesokan harinya. Waktunya 16 jam jika tegangannya 110 V. Jika 220 V diperl ukan waktu 8 jam.

Untuk pengisian secara cepat, dibutuhkan fasilitas quick charge  dengan listrik AC tiga fase bertegangan 220 V. Dengan fasilitas ini, baterai LEAF bisa diisi sampai 80% dari kondisi kosong dalam waktu 30 menit saja.

Selain itu, pada LEAF juga tersedia soket pengisian fast charging  yang menggunakan listrik AC tiga fase bertegangan 220 V. Dengan fasilitas yang nantinya bisa dijumpai di tempat parkir pusat perbelanjaan, atau perkantoran ini baterai LEAF bisa diisi sampai 80% dari kapasitasnya dari kondisi kosong dalam waktu 30 menit.

Di samping mengembangkan model-model mobil elektrik lainnya, Nissan juga tengah mengembangkan fasilitas pendukung demi membangun dunia EV yang ramah lingkungan. Seperti sistem teknologi informasi canggih yang bisa memandu pemilik LEAF untuk mencari lokasi stasiun pengisian listrik terdekat, atau fasilitas untuk menyalakan AC melalui ponsel sebelum sang pemilik menaiki mobilnya.

Pengembangan selanjutnya adalah menyempurnakan sistem pengisian listrik Non-Contact Charging  yang menggunakan prinsip induksi dan menyalurkan arus melalui medan magnet yang terjadi. Pada sistem ini, pengemudi hanya perlu memarkir mobinya di atas tempat yang sudah ditentukan, dan beberapa waktu kemudian mobil kembali siap dijalankan berpuluh-puluh kilometer.

Penulis/Foto: Boy Beding / Nissan
 

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa