Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Dirancang 60 Pasang Tangan Selama 20 Hari

Editor - Selasa, 8 September 2009 | 07:50 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Salah satu brand mobil mewah asal Inggris ini kembali melansir detail sedan saloon terbarunya yang dinamai Ghost. Isu akan munculnya mobil ini sudah ada sejak tahun 2006, dan saat itu diberitakan akan menjadi proyek terbaru Rolls-Royce. Bentuknya sendiri sudah mulai terungkap di Maret 2009 pada mobil konsep 200EX, dan Ghost ini adalah penyempurnaan mobil konsep tersebut.

Desain mobil ini masih mengambil ciri khas desain mobil–mobil Rolls-Royce sebelumnya.  Tetapi dengan garis desain lebih membulat dan lebih kompak. Masih dilengkapi dengan gril besar dengan lambing RR-nya, mobil ini kini menggunakan system suicide pada pintu mobilnya atau lebih sopan disebut coach-door. Pintu ini mampu membuka 83 derajat dan dapat menutup secara otomatis dengan menekan satu tombol.

No caption
No credit
No caption
No caption
No credit
No caption

Interiornya diracik dengan bahan mewah ala Rolls-Royce, dengan dukungan panorama Sunroof yang luas. Pendingin udaranya sendiri terbagi dalam empat zona, yang memberikan keleluasaan tiap penumpang untuk mengaturnya sesuai keinginan. Joknya dilengkapi dengan fitur pemijat dan semburan udara hangat, juga terdapat layar LCD yang tertanam di balik jok depan hingga kulkas kecil yang makin memanjakan penumpang.

Ghost dibangun dalam monocoque-body, dimana suspensinya menganut system air-suspension yang dapat mendeteksi gerakan sekecil apapun dan dapat meninggikan atau merendahkan mobil ini secara otomatis.

Fitur lainnya adalah Anti-Roll Stabilisation, Dynamic Brake Control, dan Dynamic Stability Control, termasuk Dynamic Traction Control dan Cornering Brake Control. Seluruhnya diatur dalam Integrated Chassis Management System yang menjadikan handling dan safety mobil ini sangat optimal di berbagai kondisi jalan.

No caption
No credit
No caption
No caption
No credit
No caption

Mobil ini ditenagai mesin raksasa 6600cc V12 twin turbo, dengan direct injection mampu mengeluarkan tenaga sampai 563bhp. Torsi maksimumnya sebesar 780Nm yang sudah tersedia pada putaran 1500 rpm menjadikan mobil ini mampu melesat 0-60mph hanya dalam waktu 4,7 detik.

Tenaga sebesar itu disalurkan melalui transmisi otomatis ZF gearbox delapan percepatan, dengan teknologi shift by wire. Konsumsi bahan bakarnya tergolong irit hanya sekitar 13,6 liter / 100km.

Dengan mesin sebesar itu, maka Rolls-Royce mengklaim bahwa Ghost adalah mobil dengan tenaga yang paling besar yang pernah dibuat mereka. Istimewanya lagi, tiap mobil ini dbuat dengan 60 pasang tangan, dan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan satu mobil mencapai 20 hari.

Setiap tahapnya dibuat sesempurna mungkin, bahkan untuk mengecat bodinya saja dibutuhkan waktu 7 hari. Mobil ini sendiri baru diperkenalkan ke public saat Frankfurt Motor Show 2009.

Penulis/Foto: Nanda/Rolls-Royce


 

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa