Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Hybrid Dengan Motor Listrik Ganda

Editor - Senin, 31 Agustus 2009 | 06:37 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Setelah beberapa minggu terakhir banyak spekulasi mengenai wujud aslinya, akhirnya BMW secara resmi merilis mobil konsep terbarunya lengkap dengan spesifikasi. Dengan desain sporti dan futuristik, BMW Vision EfficientDynamics diklaim memiliki system hybrid lebih baik dibanding hybrid lainnya.

Mobil ini menggabungkan antara mesin turbo-diesel 3 silinder dan motor listrik ganda yang terletak di setiap poros roda.  Mesin dieselnya berkapasitas 1500cc dengan transmisi kopling ganda (Double-clutch transmission) enam percepatan milik BMW yang sudah diterapkan di seri M3 dan Z4.

Jangan kuatir dengan kapasitas mesin dieselnya yang tak seberapa, karena mobil konsep ini ditenagai dua motor listrik yang masing–masing terletak di poros depan dan belakang. Menemani mesin diesel yang terletak di belakang, satu motor listrik terletak diantara mesin dan transmisi. Motor listrik ini menyumbang daya 33–51 hp, dan bisa ikut menambah tenaga mesin atau full-elektrik.

No caption
No credit
No caption

Seperti mobil hybrid lainnya, motor listrik pertama ini berperan juga untuk menyerap energi saat mobil melakukan pengereman dan disalurkan ke baterai lithium-polymer.

Baterai ini terdiri dari 98 cell dengan kapasitas 10,8 kW/h, bahkan setiap cell bisa menyalurkan daya maksimum sebesar 1,200 ampere.

Sedangkan motor listrik kedua terletak di poros roda depan yang digabungkan oleh girboks single-speed. Motor listrik ini lebih bertenaga dengan daya maksimum mencapai 80 hp, bahkan bisa ‘dipaksa’ hingga 139 hp. Kedua motor listriknya diklaim BMW sebagai ‘Best of Hybrid’ dengan menggunakan filosofi ActiveHybrid.

Untuk efisiensi, mobil ini bisa bergerak hanya dengan mesin dieselnya saja atau hanya dengan motor listriknya. Bahkan jika tenaga yang ada seluruhnya digunakan, daya maksimum yang tersedia bisa mendapai 356 hp untuk melakukan manuver dan akselerasi. Akselerasi dari 0–100 km/jam bisa dicapai hanya dalam 4,8 detik.

Keistimewaan mobil ini tidak sampai disitu, system hybridnya menganut system plug-in. Artinya baterai di mobil ini bisa diisi tanpa harus melalui energi pengereman tapi dari soket listrik biasa yang ada di rumah–rumah. Menggunakan voltase standar 220 V, untuk mengisi penuh baterai dibutuhkan waktu 2,5 jam. Bahkan dengan voltase yang lebih besar, waktu bisa dihemat menjadi hanya 44 menit saja.

No caption
No credit
No caption
No caption
No credit
No caption

Jika melihat dari sisi fisik mobil,  performa mobil yang berkapasitas 2+2 orang ini terbantu oleh banyak faktor. Pertama adalah coefficient dragnya yang kecil hanya 0,22 sehingga lebih mudah menembus angin. Selanjutnya adalah struktur bodi dan chassis yang sangat ringan, juga dibantu oleh posisi titik gravitasi yang baik.

Lampu LED-nya juga membuat mobil ini semakin menarik walaupun tujuan utamanya adalah efisiensi energy listrik. Pintu yang ditanam pun memiliki kombinasi kaca dan pintunya terbuat dari bahan polycarbonate-glass. Ingin tahu lebih banyak? Tunggu Frankfurt Motor Show 2009, karena saat itulah mobil konsep ini diperkenalkan lebih luas ke publik.

Penulis/Foto : Nanda/BMW

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa