Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mengenal Shift Hold System Honda Freed, Gak Banyak Naik Turun Gigi

Iday - Rabu, 22 Juli 2009 | 07:50 WIB
Mengenal Shift Hold System Honda Freed
Mengenal Shift Hold System Honda Freed

OTOMOTIFNET - Mengendarai mobil di jalan berliku atau medan bertekstur naik turun, transmisi pasti akan terus dimainkan.

Ketika kecepatan dirasa menurun perpindahan gigi ke perbandingan yang lebih rendah dilakukan agar tetap diperoleh akselerasi yang baik ketika harus kembali buka gas.

Namun perpindahan gigi ini tentunya sesuai kebutuhan, meski jalan berliku atau menanjak tidak selamanya butuh naik turun gigi.

Ada kalanya jalan berliku atau tanjakan dan turunan bisa dilewati tanpa perpindahan gigi. Pada mobil bertransmisi manual kita bisa mengaturnya suka-suka.

Namun sayangnya pada transmisi automatic tidak semua sistem transmisi yang dipasang pada sebuah mobil bisa memilih perbandingan gigi yang sesuai kondisi jalan dan kemauan pengendaranya.

Namun lain halnya dengan transmisi automatic 5 speed yang dipakai Honda Freed.

Transmisi automatic ini lebih pintar dengan pasokan perangkat Shift Hold System dan Grade Logic Control.

Kedua perangkat yang juga terdapat pada Honda All New Jazz ini mampu mengurangi perpindahan gigi yang berlebih.

Shift Hold System adalah sistem pengaturan perpindahan transmisi secara komputerisasi yang terintegrasi dengan Grade Logic Control.

Sistem ini mengatur perpindahan transmisi otomatis berdasarkan input yang didapat dari berbagai macam sensor yaitu, sensor kecepatan, sensor akselerasi kendaraan dan juga sensor injakan pedal gas.

Dari tiga sensor tadi akhirnya terbaca kebutuhan perbandingan gigi yang paling ideal, harus turun atau naik atau tetap lebih tepat karena sesuai dengan kemampuan mesin, kondisi jalan serta kemauan pengendara.

Misalnya saat dirasa dengan gigi 3 saja mesin masih mampu berakselerasi kenapa harus pindah ke gigi 2. 

Begitu juga dengan Grade Logic Control.

Sistem ini memberikan perpindahan transmisi berdasarkan atas medan yang dilalui oleh kendaraan pada saat tanjakan dan turunan.

Seperti halnya Shift Hold System pada jalanan yang berliku, Grade Logic Control juga mengurangi perpindahan gigi yang tidak perlu di jalan yang berbukit. 

Penggunaan sistem ini terbukti mampu meningkatkan kecepatan dan akselerasi pada saat melewati jalan yang berliku dan tanjakan serta turunan.

Berkurangnya perpindahan transmisi yang berlebihan untuk mendapatkan kenyamanan berkendara dan efisiensi bahan bakar dengan cara mengurangi shift shock.

Penulis/Foto: Popo/Uda

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa