Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Transmisi Otomatik Honda Freed Halus, Berkat Active Lock-up System

Iday - Rabu, 15 Juli 2009 | 09:52 WIB
Active Lock-up System Honda Freed
Active Lock-up System Honda Freed

OTOMOTIFNET.COM - Meski menggunakan transmisi otomatis lima percepatan atau 5A/T namun perpindahan gigi Honda Freed sangat halus.

OTOMOTIFNET.com merasakannya sendiri ketika melakukan sesi test drive. Di kecepatan rendah perpindahan gigi hampir tidak terasa, jadi mirip mengendarai mobil bertransmisi CVT.

Bahkan di kecepatan tinggi atau ketika mendadak berakselerasi sekalipun, hentakan masih tergolong kecil. Tentunya keadaan ini menambah kenyamanan berkendara baik yang dirasakan oleh pengemudi maupun para penumpang.

Ternyata di balik kenyamanan ini ada satu teknologi yang membuat perpindahan giginya sangat halus, namanya Active Lock-up System.

Sistem pada transmisi ini secara otomatis bekerja dengan memberikan jeda waktu pergantian gigi menjadi lebih pendek bila dibandingkan transmisi automatic konvensional.

Selain itu perangkat Active Lock-up System ini juga terintegrasi dengan Drive By Wire (DBW). Pada saat perpindahan gigi, secara otomatis DBW menurunkan putaran mesin sesuai kebutuhan. Yang pasti putaran mesin dijaga agar tidak terlalu rendah.

Hal ini menyebabkan akselerasi jadi lebih cepat karena waktu yang biasanya terbuang saat perpindahan gigi bisa terkurangi. Perpindahan gigi juga jadi lebih lembut karena berlangsung sangat cepat dan putaran mesin tidak turun terlalu drastis.

Dan yang tak kalah penting adalah konsumsi bahan bakar juga jadi lebih irit. Sebab ketika perpindahan gigi putaran mesin tidak turun terlalu jauh, mesin pun tidak perlu membuang tenaga untuk mengembalikan ke putaran mesin ideal yang bisa bikin boros bahan bakar.

So, jadi lebih cepat, lebih halus dan lebih irit.

Penulis/Foto: Popo/HPM

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa