Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda Freed Punya Torsi Bagus, Torque Boost Resonator Kuncinya

Iday - Selasa, 14 Juli 2009 | 12:58 WIB
Kuncian Torsi Hebat Honda Freed
Kuncian Torsi Hebat Honda Freed

OTOMOTIFNET.COM - Bicara performa Honda Freed, jawabannya cukup memuaskan. Meski hanya 1500cc, namun torsi di putaran bawah dan tenaga di putaran atas cukup baik.

Mesin i-vtec nya yang sama seperti All New Jazz mampu menyemburkan tenaga 118 ps pada 6.600 rpm sedang torsinya mampu 14,9 kgm di 4800rpm. 

Bahkan saat tim OTOMOTIFNET.com menjajal larinya di trek lurus tembus 165 km/jam, mantapkan?

Nah, salah satu teknologi yang dipercaya mendukung performa ini adalah torque boost resonator. Dengan torque boost resonator ini dipercaya dapat meningkatkan torsi dan tenaga yang menghasilkan akselerasi bertenaga namun tetap hemat bahan bakar.

Pada prinsipnya torque boost resonator ini bekerja dengan memaksimalkan aliran udara yang masuk keruang bakar.

Torque boost resonator bekerja dengan cara mengubah aliran udara yang terhisap oleh air intake menjadi aliran udara bertekanan dan berkecepatan tinggi dan menghasilkan gerakan udara berputar (efek swirl).

Begini urutan kerjanya, udara yang tersedot ke intake harus melewati torque boost resonator (gbr.1).

Di torque boost resonator aliran udara tadi diubah menjadi aliran udara bertekanan & berkecepatan tinggi (gbr.2). Udara yang berkecepatan tinggi ini akhirnya bercampur dengan bahan bakar.

Di dalam ruang bakar aliran campuran udara dan bahan bakar berkecepatan tinggi tadi menghasilkan gerakan aliran udara berputar seperti tornado pada saat langkah hisap (gbr.3). Keuntungannya aliran udara yang berputar ini menghasilkan tekanan tinggi pada langkah kompresi (gbr.4).

Campuran bahan bakar tadi lebih homogen, pembakaran pun jadi lebih sempurna. Tenaga lebih besar serta bahan bakar jadi irit karena semua terbakar habis. 

Bahkan pihak Honda mengkalim torsi dan tenaga kuda yang dihasilkan jadi bisa lebih tinggi dibandingkan dengan kompetitor yang punya kapasitas mesin sama.

Penulis/Foto: Popo/Honda

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa