Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Serba-Serbi Honda Freed, Si Bintang Baru Low MPV

Iday - Senin, 13 Juli 2009 | 08:38 WIB
Tes Honda Freed tahun 2009
Dok. Tabloid OTOMOTIF
Tes Honda Freed tahun 2009

OTOMOTIFNET - Perjalanan kami bersama Honda Freed, Jakarta-Bali PP (pulang pergi) melintasi  beragam kota dengan ciri khasnya masing-masing dan melahap kondisi jalan bervariasi membuat kami makin menyatu dengan Freed.

Sampai detail tersembunyi dari sebuah low MPV modern dan mewah ini pun bisa kami temukan. Berikut sepenggal perjalanan pulang dari Bali dan impresi kami akan sosok utuh Freed.

Keluar dari pulau dewata melalui penyeberangan Gilimanuk-Ketapang, jalur yang sama ketika kami datang.

Sesampainya di Banyuwangi kami putuskan menyusuri jalur utara. Karena sudah larut,  kami menginap di Situbondo.

Esok harinya, perjalanan kami lanjutkan dan kembali menginap di kota Semarang. Di kota lumpia ini kami pun mengambil kesempatan menikmati eksotisnya kota tua.

Selama 10 hari perjalanan Long Distance Test Drive Honda Freed Jakarta-Bali akhirnya tuntas kami selesaikan.

Kesimpulan bahwa Freed adalah kategori low MPV terbaik saat ini rasanya tak berlebihan disandangnya.

Beragam fitur, teknologi serta desainnya yang unik sangat mendukung. Berikut ini adalah review kami akan sosok Honda Freed.

Kapasitas Muat

Berbicara tentang bepergian keluar kota, hal yang paling tidak bisa ditawar adalah kapasitas muat sebuah kendaraan. Untuk hal ini tidak perlu diragukan lagi.

Kapasitas kargo Freed sebesar 672 liter siap menampung apapun barang bawaan penumpang. Kami pun sudah membuktikannya sendiri. Freed mampu menampung barang bawaan kami yang cukup banyak.

Kenyamanan
Kenyamanan adalah faktor utama yang perlu diperhatikan saat bepergian jauh bersama keluarga. Bukan hanya posisi pengemudi saja yang harus dimanjakan.

Penumpang lain juga harus menjadi pertimbangan utama. Desain Freed sangat memanjakan baik pengemudi maupun penumpang lain yang ada di dalamnya. 

Mulai dari kenyamanan duduk dengan standar kenyamanan jok Honda Accord, berpindah tempat dengan konsep walkthrough cabin, proses naik turun penumpang dengan pintu automatic sliding door yang dilengkapi sensor gerak.

Sensor ini membuat semua orang merasa terlindungi dari kemungkinan terjepit pintu. Selain itu pengemudi juga lebih leluasa karena lapangnya jarak pandang dengan minimalisasi blindspot pada pengemudi.

Kenyamanan juga bisa berarti keleluasaan dalam meletakkan barang-barang kecil seperti handphone, botol minuman dan sebagainya. Dual layer dahsboard dan beberapa konsol multifungsi membuat kami bebas meletakkan barang tanpa mengganggu aktifitas pengemudi.

Untuk sisi entertainment, Freed bahkan sudah menyiapkan paket audio dengan sistem double din. Selain itu, USB port dan Ipod Connector pun sudah komplit dan ini memudahkan kami untuk lebih nyaman mendengar musik favorit kami.

Konsumsi BBM

Bila Jonfis Fandy selaku Marketing & Aftersales Services Manager PT Honda Prospect Motor (HPM) mengatakan bahwa konsumsi BBM-nya bisa mencapai 13 km untuk satu liternya, maka kami berani untuk mengatakan bahwa konsumsi BBM-nya bisa mencapai 14km untuk satu liter bensin berdasarkan indikator yang kami lihat.

Ini kami buktikan saat menempuh jalur lurus di daerah Jawa Timur menuju Situbondo dengan kecepatan konstan serta beban lumayan banyak.

Catatan indikator pada Freed menunjukkan angka 14km untuk satu liter. Dan kemungkinan besar jika kapasitas barang dikurangi, 15km per satu liter BBM bisa saja kami tempuh.

Kenyamanan Suspensi


Khusus bagian suspensi Honda Freed, awalnya masih menjadi pertanyaan tersendiri bagi kami. Bagaimana suspensinya mampu menghadapi kondisi jalan ekstrim dengan kapasitas muat yang banyak.

Ternyata bisa kami buktikan, dengan suspensi McPherson Strut with Stabilizer pada bagian depan, dan H-shape Torsion Beam pada bagian belakang, kenyamanan penumpang masih  bisa kami rasakan.

Tenaga


Bagaimana dengan tenaga? Mungkin awalnya kami sedikit kecewa saat membaca brosur karena tenaganya sedikit lebih kecil dibanding Jazz. Namun setelah perjalanan Jakarta-Bali-Jakarta tersebut, kami jadi paham bahwa Freed dengan desain low MPV mempunyai karakteristik tersendiri.

Dan tentunya berbeda dengan Jazz. Buktinya pada beberapa kesempatan, kami sempat melakukan akselerasi-akselerasi pendek dan panjang, dan itu tidak ada masalah. Freed tetap bertenaga kendati dengan kapasitas muatan yang banyak.

Nah, jika Honda Freed dalam dua hari setelah diluncurkan sudah laku 340 unit, kami rasa itu adalah apresiasi konsumen yang wajar.

Dengan fitur, teknologi dan kelebih desain yang dimilikinya, Freed sudah pasti akan menyingkirkan pesaingnya yang masih konvensional. Prediksi kami,  Freed akan menjadi bintang baru untuk segmen low MPV.

Penulis : Tim OTOMOTIFNET.com
Foto : Uda, Heri

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa