Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mengenal Fitur Safety Honda Freed Yang Baru Saja Diluncurkan

Iday - Kamis, 2 Juli 2009 | 05:45 WIB
Honda Freed diluncurkan di Jakarta 2009
Dok. Tabloid OTOMOTIF
Honda Freed diluncurkan di Jakarta 2009

OTOMOTIFNET - Bicara sayang keluarga, untuk urusan mobil biasanya pilih MPV yang muat banyak penumpang.

“Namun enggak selamanya hanya mementingkan jumlah penumpang. Keselamatan anggota keluarga di dalam mobil juga sangat penting,” ujar Jonfis Fandi, Marketing & After Sales Director, PT Honda Prospect Motor (HPM).

Mengenal Fitur Safety Honda Freed
Mengenal Fitur Safety Honda Freed

Safety Untuk Penumpang, Pejalan Kaki dan Mobil

Untungnya untuk urusan safety Honda Freed dibekali berbagai fitur keselamatan. Bahkan bukan hanya keselamatan pengendara dan penumpangnya.

Keselamatan pejalan kaki dan mobil ini sendiri juga mendapatkan porsi seimbang. Untuk keselamatan pengendara dibagi menjadi dua perlindungan.

Passive safety dan Active safety. Passive safety adalah perangkat yang melindungi ketika terjadi kecelakaan. Di Honda Freed, ini di wujudkan dalam teknologi G-Con (G-Force Control Technology) dan ACE (Advance Compatibility Engineering) di desain bodi monocoque-nya.

G-CON secara efektif menyerap dan menyebarkan energi benturan saat terjadi tabrakan. Teknologi tersebut didukung dengan ACE yang meningkatkan kompatibilitas jika terjadi tabrakan dengan kendaraan lain dari berbagai ukuran, sekaligus melindungi keamanan kabin penumpang.

Selain itu keselamatan lainnya yang juga ada pada Honda Freed adalah Fitur Dual SRS Airbag bekerja secara simultan dengan sistem sabuk pengaman yang menerapkan teknologi 3-point dan Double Load Limiter di bangku baris pertama.

Ketika terjadi tabrakan, pretensioner mengencangkan sabuk pengaman di pundak dan bahu untuk menjaga penumpang tetap aman di posisinya. Kemudian load limiter bekerja secara bertahap untuk mengurangi tekanan pada dada yang terjadi akibat energi tabrakan.  

Dengan perpaduan semua teknologi active safety tersebut Honda Freed telah meraih rating 6 bintang dari Japan New Car Assesment Program (JNCAP), yang merupakan hasil terbaik untuk pengemudi maupun penumpang. Hasil yang sama dengan yang diraih All New Jazz.

Sedangkan Active safety yang mencegah terjadinya kecelakaan dikonsentrasikan pada perangkat pengereman. Ada ABS (Anti-lock Braking System) yang mampu mencegah penguncian roda saat pengereman mendadak.

Sedang EBD (Electronic Brake-Force Distribution) diproyeksikan untuk mendistribusikan daya pengereman sesuai dengan beben kendaraan. Sementara BA (Brake Assist) membantu pengereman lebih efektif.

Seperti yang disinggung di atas, Honda Freed tidak hanya melindungi pengendara tapi juga pejalan kaki. Hal ini di wujudkan pada kontruksi kap mesin, fender, dan bumper yang mampu meredam benturan saat menabrak pejalan kaki. Selain itu wiper pivot nya juga di desain agar tidak melukai pejalan kaki.

Dan terakhir adalah pelindungan bagi mobil itu sendiri. Honda Freed ini juga telah menerapkan system keyless entry. Sementara system immobilizer dan Security Alarm tersedia untuk mencegah pencurian kendaraan. Lengkap bukan?

Penulis/Foto: Popo/Honda

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa