Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tantangan New Ford Focus (Bag 1)

Editor - Kamis, 12 Februari 2009 | 01:13 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Uji akselerasi antara New Ford Focus 2.0L Bensin dan New Ford Focus 1.8L Diesel

OTOMOTIFNET - Tidak ingin berlama-lama membuat para jurnalis penasaran dengan bagaimana performa generasi terbaru Ford Focus, PT Ford Motor Indonesia (FMI) langsung mengadakan sesi test drive bersama 21 jurnalis yang datang memenuhi undangan FMI.

Adapun sesi test drive tersebut langsung dilakukan selama dua hari lamanya di luar kota Jakarta, termasuk di sirkuit Sentul Bogor pada Rabu (11/02) dengan menguji semua perangkat atau fitur yang disediakan oleh All New Ford Focus. Termasuk fitur keselamatan dan sistem kenyamanan dalam mengendara.

Start dari Pisa Cafe yang terletak di Jl Gereja Theresia Jakarta Pusat, rombongan langsung bergerak ke sirkuit Sentul Bogor. Dikawal oleh satu unit voorijder, tim bergerak dengan santai dan lebih mengutamakan keselamatan. Karena selain diiringi oleh voorijder, pada keenam unit mobil All New Ford Focus tersebut masing-masing didampingi oleh seorang instruktur safety driving dari Indonesian Defensive Driving Center (IDDC).

No caption
No credit
No caption

Uji sistem pengereman ABS dan Electronic Stability Program (ESP)

Terdapat dua sesi tes yang dilakukan oleh para jurnalis. Pada sesi pertama teknik pengereman yang dilakukan pada lahan parkir dan pengujian akselerasi dari 0 – 100 km/jam dilakukan di areal start finis sirkuit Sentul. Selain itu bagi rekan-rekan jurnalis juga disediakan pesawat Microlight yang baru nge-trend di Indonesia. Walaupun sudah dikenal oleh orang Indonesia sejak 1982 lalu, namun sensasinya baru bisa dinikmati secara komersial pada era 90-an. Tapi tidak semua peserta diizinkan untuk merasakan sensasi kenikmatan terbang dengan pesawat Microlight, karena maksimal bobot badan boncenger adalah 90 kg.


Tim OTOMOTIFNET.com juga mencicipi sensasi melayang bersama Pesawat Microlight

Untuk sesi yang kedua, peserta kemudian dipersilahkan menguji sistem Electronic Stability Program (ESP) yang terdapat pada New Ford Focus. Namun ini harus dilakukan dengan minimal kecepatan 60 km/jam untuk memastikan ESP bekerja dengan baik. Bersamaan dengan itu terdapat sebagian jurnalis yang diperkenankan untuk mengitari sirkuit Sentul sebanyak dua lap dengan New Ford Focus. Walaupun kondisi pada sesi latihan berlangsung didera cuaca buruk, namun uji coba tetap dilangsungkan hingga sesi slalom atau autocross.

“Ini menjelaskan betapa seriusnya kami untuk menggarap segmen sedan hatchback dan sedan di Indonesia. Walaupun kapasitas mesinnya kecil, namun fitur yang dimiliki sudah sekelas dengan mobil premium. Makanya kami tidak segan untuk langsung memperkenalkannya dalam bentuk test drive yang benar-benar sifatnya menguji,” jelas Will Angove yang juga hadir dalam sesi test drive ini.

Hari pertama akhirnya diakhiri dengan menginap di daerah Puncak Bogor. Tepatnya menikmati sejuknya hawa dingin di daerah Lembah Hijau, sekaligus mendiskusikan pengalaman yang didapat dari sesi test drive hari itu.

Penulis/Foto : Uda

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa