Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pedagang Mulai Tersenyum Senang

Editor - Jumat, 6 Februari 2009 | 11:28 WIB
No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Tahun ini boleh dibilang bakal menjadi tahun peruntungan bagi pedagang mobil bekas (mobkas). Meski menurut kepercayaan masyarakat Tionghoa, keberuntungan dalam bisnis belum banyak berpihak di tahun kerbau ini, beberapa pedagang mobkas merasa sangat optimis usahanya bakal lebih lancar ketimbang tahun lalu.

Omset Naik 10%
Kondisi ini ditengarai lantaran demand terhadap mobkas semakin membaik. Terutama mobil diesel, yang dianggap sebagian besar kalangan lebih efisien, dalam hal konsumsi bahan bakar. Seperti pengakuan Junaedi, pedagang mobkas di Duren Sawit, Jaktim.

Pria kelahiran Jakarta 22 tahun silam ini, mengaku jika permintaan untuk Isuzu Panther dan Toyota Kijang LGX diesel, semakin membaik dibanding tahun-tahun sebelumnya.

“Secara global permintaan untuk mobil diesel memang lebih bagus ketimbang bensin. Tapi sejak awal Februari ini mulai meningkat tajam, jika dibandingkan dengan permintaan di bulan Desember 2008-Januari 2009 lalu,” ungkap Edi, sapaan lajang yang juga buka usaha pencucian mobil ini.

Senada dengan Edi, tanggapan positif terhadap kondisi pasar mobkas diesel, juga dilontarkan Nurfitri Yanuarsyah, kepala cabang Mobil ’88 Kalimalang, Jaktim. Menurut pria yang akrab disapa Arsyah ini, lantaran permintaan sangat tinggi berimbas pada ketersediaan unit di pasaran.

“Paling sulit nyari unit bekas Kijang LGX diesel dan Isuzu Panther. Untuk bisa mendapatkannya, butuh waktu sekitar 1-2 bulan. Kalau sudah ada pun, langsung dibeli konsumen. Memang laku mobil diesel sekarang ini,” papar pria humoris itu. Tak ayal harga jual kembalinya pun masih kuat.

Kondisi ini, menurut Arsyah, dipicu oleh kenaikan harga mobil baru serta turunnya banderol solar pertamina menjadi Rp 4.500/liter. Tak pelak hal ini sangat mendongkrak tingkat perputaran mobkas diesel di pasaran. Sampai-sampai omset keseluruhan yang bisa diraup, sejak awal tahun 2009 hingga berita ini diturunkan, naik hingga 10% ketimbang di bulan Desember 2008 yang merupakan masa sulit bagi pedagang mobkas.

Otomatis hal ini juga memengaruhi harga jual unit diesel seken pada bursa mobkas. Misal Kijang LGX diesel yang jadi favorit pembeli, produksi 2003 masih dibanderol sekitar Rp 125-128 juta pada bulan Desember 2008 lalu. Harga pasaran tertinggi saat ini, sejak Januari 2009, terkerek menjadi Rp 130 jutaan. Naik Rp 2 jutaan cukup lumayan kan ?

Proyeksi ke depannya, menurut Arsyah maupun Junaedi, diperkirakan grafik penjualan untuk mobkas diesel bakal terus naik hingga menjelang akhir semester pertama 2009 ini. Peta kekuatan masih didominasi tiga varian diesel, dengan turn over paling cepat ditempati Isuzu Panther. Diikuti Toyota Kijang LGX diesel, serta Mitsubishi Kuda diesel di peringkat ke-3.

Penulis/Foto: Anton

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa