Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Audi Q5 , Compact SUV AUDI

Editor - Selasa, 16 Desember 2008 | 16:00 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Bagi pencinta SUV Premium, Audi berencana kembali memperkenalkan SUV Premium berdimensi kompak pada April 2009. Adik dari Audi Q7 bernama Q5 in bisa dibilang merupakan kembaran dari Volkswagen Tiguan. Tak heran bila dimensi yang diusung pun memiliki kemiripan.

Namun Q5 memiliki panjang dan lebar bodi lebih besar dari Tiguan. Selain itu AUV Audi ini juga lebih pipih hingga 33 mm dari saudaranya dari VW tersebut. Begitu juga dengan wheelbase  yang lebih panjang 203 mm dari Tiguan.

Tampak luar, Q5 tetap mempertahankan gril trapezoidal dan LED pada headlamp  yang menjadi ciri khas Audi. Ditunjang pelek alloy  20 inci dual muffler  di buritan, membuat SUV Audi ini tampil sporty.

No caption
No credit
No caption

Akankah versi yang dijual nanti dilengkapi atap panaromic?

Panoramic sunroof  pun menjadi kelengkapaan standar Q5 dan membuat interior menjadi begitu lapang. Ruang kaki luas dan serta kapasitas bagasi Q5 yang mampu mencakup hingga 540 liter. Belum lagi dengan desain jok yang terasa mantap saat diduduki, baik oleh pengemudi maupun seluruh penumpang.

Jika dibandingkan dengan produk sejenis, pengoperasian fitur pada Q5 tergolong mudah. Beragam tombol di konsol tengah disediakan untuk mengoperasikan beragaam fitur seperti Multi Information Display, Audio, AC dual zone, sat-nav  hingga Drive Select.


Dibekali fitur kelengkapan melimpah. Termasuk Audi Drive Select yang fenomenal itu

Paling menarik tentu telah disematkannya teknologi Audi Drive Select. Pilihan mode berkendara Auto, Dynamic, Comfort dan Individual tersedia sesuai kebutuhan. Inilah yang membuat SUV Audi ini begitu mengasyikkan dikendarai.

Saat dicoba, akurasi kemudi, respon mesin dan transmisi Q5 dapat berubah sesuai mode yang digunakan. Setir pun akan terasa berat dan perpindahan gigi di putaran yang lebih tinggi ketika mode Dynamic digunakan. Kian asyik, pengemudi dapat memilih mode individual yang dapat diatur sesuai cara berkendara, tentu di luar mode yang telah disediakan.

Unit tes kami bermesin diesel 3.000 cc V6 ini, masih mengadopsi setir kiri. Tak heran bila kami perlu beradaptasi beberapa saat, sebelum meluncur ke lokasi pemotretan di sekitar Candi Prambanan, Yogyakarta.
Guyuran hujan selama perjalanan, membuat teknologi penggerak empat roda quattro dapat terasa efektivitasnya. Traksi optimal, membuat Q5 dapat dipacu hingga 140 km/jam dengan mudah. Di jalan menanjak curam, torsi sebesar 500 Nm, membuat Q5 begitu mudah melewati rintangan tersebut. Transmisi otomatis 7-speed  yang ‘pintar’, mampu mengunci posisi gigi saat di jalan menurun.

Rencananya, Q5 akan hadir dengan spesifikasi berbeda dari unit yang kami coba ini, yaitu bermesin bensin 2.000 cc turbo FSI seperti yang digunakan Audi TT dan A3 Sportback. Dengan penggerak empat roda dan teknologi Drive Select, Q5 akan menjadi pemain kuat di kelasnya.

Audi Q5 3.0 TDI

Mesin                               : 2.967 cc V6 diesel
Tenaga maksimum      : 240 dk/4.400 rpm
Torsi maksimum           : 500 Nm/1.500 rpm
Transmisi                        : 7-speed otomatis
0-100 km/jam                  : 6,5 detik (klaim)
Top speed                       : 222 km/jam
Konsumsi bbm              : 13,4 km/l (klaim)
Bobot                                : 1.865 kg
Dimensi (P/L/T)              : 4.629/1.880/1.653 mm
Kapasitas bagasi           : 540–1.560 liter
Harga                                : Rp 800–900 jutaan (estimasi)
Status                                : Confirmed
Dipasarkan                      : April 2009

Rival
BMW X3 2.5Si
Mesin                                              : 2.499 cc 6 silinder, 192 dk
0-100 km/jam                               : 9,8 detik
Konsumsi bbm tol/kombinasi  : 10,3/7,2 km/l
Harga                                             : By order

(+)  : Image  BMW, sistem xDrive, pengendalian
(-)   : Interior terbatas, konsumsi bbm agak boros, suspensi keras

Penulis/Foto: Dhany Ekasaputra/Wiliam Wiriawan

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa