Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

All New Subaru Forester: Sasis Lebih Panjang

Editor - Selasa, 9 September 2008 | 13:15 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Mau mudik dengan mobil baru? Kenapa tak segera melirik All New Subaru Forester, yang baru diluncurkan resmi Jumat (5/9). Yakni Subaru Forester 2.0X dan Subaru Forester 2.5XT. Kedua model tersebut hanya tersedia dalam transmisi otomatis 4-speed dengan SPORTSHIFT. Subaru Forester 2.0X menggunakan mesin DOHC Subaru Boxer 2.0-liter, sedangkan Subaru Forester 2.5XT mengusung mesin DOHC Turbo-charge Subaru Boxer 2.5 liter. Masing-masing berharga Rp 298 juta dan Rp 385 juta, on the road.

Kedua SUV cross-over ini merupakan generasi ke-3 yang sudah dirancang ulang untuk memadukan kenyamanan dan keamanan mobil penumpang dengan tingkat adaptabilitas dan fungsi yang lebih tinggi. “Terlebih untuk memanjakan pengendara dengan luasnya kabin dan kenyamanan Platformnya juga baru,” sahut Glenn Tan, Group Chief Executive, Motor Image Enterprises, ATPM Subaru di Indonesia.

Kedua model tersebut menampilkan platform yang semuanya baru; sasis lebih panjang dan suspensi belakang double wish-bone yang canggih. Dibandingkan.dengan model Forester sebelumnya, All-New Forester 110 mm lebih tinggi (tidak termasuk roof rail) dan 45 mm lebih lebar, dan jarak roda (wheelbase) diperlebar 90 mm, yang membuat ruang interior dan bagasi lebih lega tanpa penambahan ukuran bodi yang berarti. Suspensi belakang double wish-bone kini memiliki ruang untuk kompartemen barang bawaan yang lebih dalam dan lebih luas, yang memaksimalkan kegunaan penyimpanan.

No caption
No credit
No caption
No caption
No credit
No caption

Eksteriornya berpenampilan boxy look. Garis-garis bodi ramping dan tajam membentang dari mulai sisi-sisi lampu depan sampai lampu ekor. Ini dipadukan dengan spakbor depan berbentuk kotak dan panel bagian belakang, yang membuatnya menjadi profil bergaris dan beraksentuasi rapi. Lampu depan Subaru model anyar ini berlapiskan krom di bagian dalam, yang akan membuat proyeksi lurus dari lampu ke arah luar, Sedang lampu belakang dirancang untuk menonjolkan keindahan gaya bagian buritan.

Adapun desain interiornya, seluruhnya berlapis alumunium tersebar dari mulai panel tengah dashboard sampai ke trim pintu, menambah lega dan kesan lapang pada bagian interior, yang memberikan sentuhan sporty di bagian ruang kemudi. Rancangan yang mewah dan halus terlihat dari panel tengah, yang memadukan lapisan penutup kayu dan logam, begitu pula halnya dengan trim pintu, yang dihiasi dengan panel berlapiskan logam untuk tombol pintu dan jendela.

All New Forester juga memanjakan kenyamanan individu. Antara lain pengontrol cuaca, hiburan, fungsi kemudi dan pencahayaan interior biru, Ada lagi fitur entertainmen, sudah dilengkapi sistem audio 7-speaker dengan SRS Circle Surround Automotive dan 6 CD changer yang diatur dengan steering satellite switch.

Tak ketinggalan tentunya aspek-aspek keamanan. Melalui Ring-Shaped Reinforcement Frames yang canggih, tingkat keamanan yang tinggi telah dibuktikan dalam shock absorption dan crash impact dispersion. Fitur keamanan interior standar yang dimiliki oleh kedua model meliputi three-point seatbelts dilengkapi dengan pre-tensioners dan memuat limiters yang terdapat di tempat duduk depan dan belakang, disesuaikan dengan SRS frontal, front side dan curtain airbags, juga sandaran kepala aktif untuk pengendara dan penumpang. Di samping itu, tingkat keamanan lainnya adalah adanya ABS dengan Electronic Brake-force Distribution (EBD) dan Brake Assist System .

Penulis:g4m
Foto: AO

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa