Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bedah BMW X6, Kupas Teknologi X Series

Editor - Rabu, 20 Agustus 2008 | 18:41 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

In class training yang menjelaskan teknologi terkini yang tidak kasat mata secara langsung

Persepsi bahwa mobil berkapasitas mesin yang besar pasti boros terhadap konsumsi bahan bakar, ternyata tidak sepenuhnya benar. Buktinya BMW mampu menyajikan teknologinya yang membuat mobil ber-cc besar, juga irit bahan bakar.

Sebagai salah satu mobil yang baru diluncurkan pertengahan Juli lalu, BMW merasa perlu untuk memberikan pengetahuan secara lebih mendalam tentang teknologi yang dimiliki oleh BMW X6. Hingga akhirnya BMW Indonesia akhirnya kembali mengadakan BMW Media Technical Workshop di kawasan BSD Serpong pada Rabu (20/8). Bedah teknologi ini juga merupakan tanggung jawab sosial dari BMW untuk menciptakan teknologi-teknologi yang mutakhir, tanpa merusak lingkungan.

No caption
No credit
No caption

Damper pada suspensi pun menjadi sasaran pengembangan BMW di seri X

Terdapat dua varian BMW X6 yaitu BMW X6 xDrive35i dan BMW X6 xDrive50i. Namun yang mendapat pembedahan mendalam kali ini adalah mesin 3.000 cc, karena memang sudah disiapkan khusus untuk dibedah ditempat pelatihan tersebut.

Adapun bagian-bagian yang dibedah adalah bagian mesin yang menggunakan tipe mesin terbaru dari BMW yaitu N54 yang dilengkapi dengan Twin Turbo dan High Precision Injection. Teknologi ini merupakan dari teknologi BMW Efficient Dynamics yang terbukti mampu membuat mesin jadi irit bahan bakar, karena proses pembakaran yang lebih sempurna. Alhasil konsumsi bahan bakar mobil pun bisa mencapai 12.1 liter per 100 km dengan jumlah emisi CO2 286 gram per kilometer.

Belum lagi pengurangan bobot kendaraan karena penggunaan material yang lebih enteng dan lebih protektif, adalah inovasil terkini BMW. Misalnya pada bagian kap mesin yang menggunakan bahan aluminium yang lebih ringan, bahu kiri dan kanan mobil bagian depan yang menggunakan bahan thermoplast hingga baut pada bagian mesin dengan bobot yang sangat ringan, sungguh membuat seri X terbaru ini menjadi penantang serius untuk pasar mobil mewah tanah air.


Bukan hanya mesin saja yang dibedah, bahkan hingga bagian bawah pun benar-benar diteliti

Teknologi lainnya seperti optimized aerodynamics, tyres with reduced rolling resistance hingga climate compressor with automatic coupler, menjadi sajian utama pembahasan kali ini.

Selain itu juga dijelaskan teknologi xDrive yang menjadi basis dari pengembangan BMW yaitu driving performance control, adaptive drive dan active steering. Kehadiran teknologi ini merupakan jawaban atas kenikmatan dalam mengemudi, handling yang bagus, kenyamanan penumpang dan tingkat keamanan yang lebih tinggi.

Pelatihan dan bedah BMW X6 tersebut dipandu langsung oleh Lenny Setiawati selaku Training dan Produk Planning Manager dan Boedi Santoso selaku Technical Trainer di BMW Indonesia.

Penulis / Foto : Uda

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa